Loading...

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Cokelat

Buah Cokelat yang kita kenal dengan nama kakao saat ini ternyata sudah menjadi bahan konsumsi sejak zaman dahulu kala. Tidak hanya dikenal sebagai bahan konsumsi yang memiliki rasa lezat, namun sejak dahulu buah cokelat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Sampai saat ini, sudah banyak penelitian-penelitian ilmiah yang sudah tidak diragukan lagi kevalidannya yang terus dilakukan untuk menggali lebih dalam perihal manfaat buah berwarna coklat satu ini.

Berbicara tentang manfaat, hal itu tentu tidak terlepas dari peran kandungan gizi baik di dalamnya. Untuk memperkaya khazanah kita, ada baiknya jika beberapa kandungan gizi tersebut kita bahas. Adapun kandungan-kandungan tersebut antara lain:

  • Vitamin A, B1, B2, C, D, serta E
  • Mineral, seperti fosfor, magnesium, zinc, zat besi, serta tembaga.
  • Antioksidan, yakni flavonoid yang sangat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang bisa berujjung pada penyakit kanker.
  • Lemak, yang berperan dalam memperkuat rambut, kuku, dan juga tulang
  • Kafein, theobromine, phenylethylalanine, dan juga methyl-xanthine yang memiliki kegunaan untuk memperbaiki mood sehingga cokelat dipercaya sebagai makanan yang bisa memberikan efek tenang dan nyaman bagi orang yang mengkonsumsinya.

Selain kandungan, perlu juga dibahas mengenai manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh manusia. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain:

loading...

1. Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh
Semakin banyak seseorang mengkonsumsi coklat, maka akan semakin banyak pula jumlah flavonoid yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa flavonoid adalah antioksidan yang berkemampuan untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah
Bagi anda yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, jangan khawatir mencari obat kemana-mana karena kini ada obat dengan rasa super lezat yang dapat menurunkan tekanan darah, obat itu adalah cokelat.

3. Memperkecil risiko terkena diabetes
Mengkonsumsi buah cokelat dalam porsi normal diketahui dapat mengontrol pengolahan gula darah dalam tubuh sehingga anda akan memiliki resiko yang cukup kecil untuk terserang penyakit diabetes.

4. Meringankan batuk
Kandungan theobromine dalam buah cokelat dipercaya dapat mengurangi batuk dengan cara memberi pengaruh pada ujung saraf sensorik dan vagus melalui paru-paru.

Loading...

Hasil pencarian:

kandungan buah coklat, kandungan coklat, kandungan buah kakao, apa kandungan dari buah kakao, manfaat buah cokelat, kandungan gizi pada kakao, kandungan dari buah kokoa, kandungan dan manfaat buah kakoa, kandungan buah kopi coklat, vitamin buah coklat
Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Cokelat | inicarak | 4.5