Loading...

Kandungan, Manfaat, dan Khasiat dari Buah Duwet

Buah duwet yang kerapkali disebut jamblang merupakan buah yang tersedia dalam berbagai macam ukuran, dari varietas yang kecil hingga varietas yang lumayan besar ukurannya. Selain kaya akan ukuran, buah duwet ini ternyata memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Besarnya manfaat yang dikandung oleh buah ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya yang begitu tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi ini dapat dilihat dengan mudah dari warna buah yang mengandung pigmen ungu atau antosianin. Tingginya kadar antioksidan ini berguna untuk menjauhkan tubuh dari gangguan penyakit degeneratif, seperti serangan jantung serta kanker.

Buah duwet yang masih mentah dan berwarna hijau memiliki kadar antioksidan yang rendah, sedangkan yang setengah matang dengan warna merah mengandung kadar antioksidan yang sedikit lebih tinggi daripada yang mentah. Dan apabila buah telah masak dengan menunjukkan warna ungun, maka di fase inilah kadar antioksidan akan mencapai tingkatan yang paling tinggi. selain antioksidan, masih ada berbagai kandungan bermanfaat lainnya di dalam buah duwet, aneka kandungan tersebut antara lain:

  • Minyak asiri
  • Fenol
  • Alkaloid
  • Asam organic
  • Triterpenoid
  • Vitamin C
  • Tanin

Selain kaya akan kandungan, buah duwet ini juga kaya akan manfaat. Adapun manfaat yang bisa diberikan buah ini pada tubuh manusia tidak lain adalah:

loading...

1. Meminimalisir jumlah kolesterol jahat dalam tubuh
Buah duwet dapat mengontrol jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan biji duwet, maka jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh akan dapat terkendali karena bagian tersebut mengandung alfa phytosterol yang berfungsi untuk mencegah kadar kolesterol jahat.

2. Menyembuhkan luka akibat kelebihan kadar gula dalam darah atau diabetes
Biji buah duwet yang mengandung Glukosida Phytomelin dapat mengobati luka akibat diabetes yang berperan untuk meminimalisassi kerapuhan dalam pembuluh darah kapiler yang dapat berujung pada luka dengan waktu penyembuhan yang sangat lama. Selain biji, buahnya dapat menyembuhkan luka karena kandungan astringent di dalamnya.

3. Mengobati batuk dan asma
Penyakit batuk dan asma dapat teratasi dengan mengkonsumsi buah jamblang kering atau bisa langsung dikonsumsi langsung selama 3 kali sehari.

Loading...

Hasil pencarian:

Buah duwek untuk bumil, manfaat buah duwet untuk bumil
Kandungan, Manfaat, dan Khasiat dari Buah Duwet | inicarak | 4.5