Loading...

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Karena rasanya yang lumayan pahit, mungkin tidak semua orang menyukai makanan dari olahan daun pepaya. Padahal, daun pepaya bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan bernutrisi. Selain bisa diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya juga bisa diolah menjadi obat untuk beberapa jenis penyakit.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Kandungan gizi yang ada dalam daun pepaya cukuplah beragam jenisnya. Disebutkan bahwa dalam setiap 100 gram daun pepaya terkandung vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram, vitamin C 140 miligram, kalori 79 kal, protein 8,0 gram, lemak 2,0 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram, kalsium 353 miligram, dan sebanyak air 75,4 gram. Di dalam daun pepaya juga terkandung zat carposide yang bisa digunakan sebagai obat cacing.

Rasa pahit dari daun pepaya memiliki manfaat dimana bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan. Rasa pahit dari daun pepaya ini disebabkan oleh adanya kandungan zat papain yang tinggi. Manfaat dari zat papain adalah bersifat stomakik yaitu bisa meningkatkan nafsu makan.

loading...

Manfaat dan Khasiat dari Daun Pepaya

Rasa dari daun pepaya yang pahit mungkin tidak disukai oleh banyak orang. Namun karena rasa pahit tersebut yang disebabkan oleh tingginya zat papain justru memberikan manfaat baik bagi kesehatan dimana ia bisa membantu untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Diantaranya:

1. Obat Batu Ginjal

Untuk cara mengobati batu ginjal, silahkan ambil beberapa lembar daun pepaya. Cuci bersih daun pepaya lalu rebus. Selanjutnya air rebusan daun pepaya diminum. Setelah minum air rebusan daun pepaya bisa dilanjutkan dengan meminum air kelapa muda. Namun, bila anda mengidap penyakit hipertensi, maka cara ini tidak boleh anda coba.

2. Obat Malnutrisi atau Gejala Kekurangan Gizi pada Balita

Untuk mengatasi gejala malnutrisi pada balita, anda bisa mengatasinya dengan cara menumbuk daun pepaya bersama daun dadap serep, dan kapur sirih. Selanjutnya hasil tumbukan tersebut kemudian dipergunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut si penderita.

3. Obat Sakit Perut Saat Haid

Untuk cara mengobati sakit perut yang biasa dirasakan saat haid, bisa dilakukan dengan cara menumbuk 1 lembar daun pepaya bersama dengan buah asam dan garam lalu ditambahkan air masak. Selanjutnya campuran tersebut diperas dan disaring untuk diambil airnya. Minumlah air perasan tersebut saat haid.

4. Obat Disentri

Untuk cara mengobati disentri atau mencret akibat dari adanya infeksi pada usus, anda bisa merebus 2 lembar daun pepaya dalam 1 liter air bersama dengan 1 sendok teh bubuk kopi. Setelah mendidih angkat dan airnya disaring untuk kemudian bisa diminum satu cangkir per hari untuk mengobati disentri.

5. Obat Diare

Adapun cara mengobati diare bisa dilakukan dengan cara merebus daun pepaya bersamaan dengan minyak kelapa. Selanjutnya daun pepaya yang sudah layu ditempelkan pada perut penderita diare.

6. Obat Pembasmi Cacing Perut

Cacing yang ada dalam perut bisa mengganggu perkembangan anak. Ini karena cacing menyerap nutrisi dari makanan yang seharusnya untuk menutrisi tubuh. Karena itu cacing perut harus diobati setidaknya setiap 6 bulan sekali. Selain dengan minum obat cacing yang dibeli di apotik, anda juga bisa membuat sendiri obat pembasmi cacing perut.

Adapun cara membasmi cacing perut bisa dilakukan dengan cara merebus daun pepaya dalam 2 gelas air bersama dengan adas pulowaras sampai mendidih. Setelah itu air rebusan disaring dan diminum setiap malam sebelum tidur.

7. Obat Keputihan

Untuk kaum wanita yang sering mengalami keputihan, bisa diobati dengan daun pepaya. Untuk cara mengobati keputihan bisa dilakukan dengan cara merebus 1 lembar daun pepaya dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari. Untuk selanjutnya air rebusan daun pepaya ini disaring dan diminum satu kali setiap harinya.

8. Obat Jerawat

Jerawat seringkali muncul tanpa diduga. Selain karena banyak makan makanan berlemak, penyebab jerawat munculjuga bisa karena faktor hormon. Adapun jerawat bisa dihilangkan dengan ramuan daun pepaya.

Cara mengobati jerawat bisa dilakukan dengan menghaluskan 2-3 lembar daun pepaya yang sebelumnya sudah dijemur. Tarus bubuk daun pepaya dalam gelas dan tambahkan air untuk kemudian sari daun pepaya tersebut bisa dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

9. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah
Jerawat yang sudah kempes seringkali meninggalkan bekas noda hitam yang dirasakan cukup mengganggu, terutama baik wanita. Nah untuk cara mengatasi noda hitam di wajah, ini bisa dilakukan dengan cara menghaluskan daun pepaya lalu tambahkan air. Selanjutnya air sari daun pepaya tersebut dicampurkan dengan masker dan dioleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit lalu basuh wajah anda dengan air hangat sampai bersih.

Selain untuk mengobati penyakit, manfaat lain dari daun pepaya yaitu bisa digunakan sebagai pakan untuk ikan bawal. Adanya kandungan zat papain dalam daun pepaya juga bisa digunakan untuk membuat pestisida nabati.

Loading...

Hasil pencarian:

obat tradisional untuk telinga kucing, cd mobil tidak bisa masuk, apakah daun pepaya menyebabkan darah tinggi, apakah daun pepaya bisa menaikkan tensi, daun pepaya bikin darah tinggi, cara membuat masker daun pepaya, review masker pepaya, apakah daun pepaya bisa menurunkan darah tinggi, air rebusan daun pepaya untuk basuh vagina, manfaat daun pepaya untuk menurunkan darah, khasiat daun pepaya jepang untuk darah tinggi, daun pepaya untuk hipertensi, naik darah makan daun pepaya, manfaat daun pepaya untuk darah tinggi, diare makan pepaya
Kandungan Nutrisi dan Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan | admin | 4.5