Loading...

Kebiasaan Ngempeng Bisa Sebabkan Anak Alami Gangguan Infeksi Telinga Tengah

Meski tidak ada larangan untuk bayi mengempeng, namun ini ternyata merupakan kebiasaan yang tidak baik. Selain bisa mengganggu struktur pertumbuhan gigi, kebiasaan ngempeng ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan infeksi pada telinga bagian tengah.

Seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis anak di RS Premier Jatinegara, dr. Marissa T.S Pudjiadi, SpA, bahwa mengempeng bisa menyebabkan terjadinya gangguan infeksi telinga tengah, gangguan yang biasa ditemui adalah keluarnya cairan dari dalam telinga.

“Pada saat anak terlalu sering mengempeng itu seperti tertarik, karena memang dari mulut dengan kuping seperti berhubungan. Kalau terus-menerus tertarik, itu bisa berisiko infeksi saluran telinga tengah,” ujarnya kepada Okezone di RS Premier Jatinegara, Jakarta, beberapa waktu lalu.

loading...

Namun demikian, bukan berarti bahwa anak yang suka menghisap jempol atau mengempeng bisa dipastikan akan mengalami infeksi saluran tengah. Dr. Marissa menjelaskan bahwa hal tersebut dilihat dari sebuah penelitian yang membandingkan anak yang suka ngempeng dan tidak.

“Hanya ada penelitian yang membandingkan anak yang suka ngempeng dengan yang tidak sama sekali dan memang insidennya lebih banyak pada anak yang ngempeng,” jelasnya.

Sementara, dr. Marissa mengatakan bahwa apabila infeksi telinga tengah ini bisa diketahui sejak awal, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Kecuali apabila infeksi telinga tengahnya sampai parah jika tidak diobati dan ditangani lebih lanjut maka bisa mengakibatkan gendang telinga pecah.

Loading...
Kebiasaan Ngempeng Bisa Sebabkan Anak Alami Gangguan Infeksi Telinga Tengah | inicarak | 4.5