Loading...

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma

Bila wanita dapat memproduksi sel telur, maka pria bertugas memproduksi sperma. Adapun sperma adalah sel jantan yang bertugas untuk membuahi sel telur wanita agar proses pembuahan dan kehamilan dapat terjadi. Karena itu, sangat penting menjaga kualitas sperma.

Bila pria memiliki kualitas sperma yang baik, maka hal itu bisa membantu pasangan lebih mudah dalam mendapatkan keturunan. Karena ketika wanita memiliki sel telur yang berkualitas baik, sementara itu ternyata sel jantan dari sperma pria rusak atau tidak berkualitas, maka proses pembuahan akan sangat sulit terjadi.

Kebiasaan Buruk Penyebab Rusaknya Sperma Pria

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak kualitas sperma. Berikut ini adalah penyebab rusaknya kualitas seperma dan bagaimana cara menjaga kualitas sperma yang bisa dilakukan oleh kaum pria:

1. Suhu yang terlalu tinggi

loading...

Kantung testis pria diciptakan secara terpisah dengan tujuan untuk menjaga agar suhunya lebih rendah dari suhu tubuh. Karena pada dasarnya sperma akan mati dalam suhu yang terlalu panas. Kesuburan pun terganggu. Karena itu hindarilah mandi dengan air yang terlalu panas, berendam di air panas, sauna terlalu lama.

2. Radiasi

Kebiasaan menaruh telefon seluler (ponsel) di kantung celana tidak baik pada pria. Panas yang terpancar dari ponsel akan merusak kualitas sperma, karena itu bawalah tas kecil untuk menaruh ponsel anda.

3. Efek samping obat

Beberapa jenis obat-obatan bersifat mengurangi jumlah sperma, sehingga jumlah normal sperma yang berkisar di dua juta sel akan menurun secara drastis dan menurunkan keberhasilan pembuahan sel telur.

Karena itu, sebelum mengonsumsi obat sebaiknya anda tanyakan dulu kepada dokter anda akan efek samping dari obat yang anda minum dan beritahukan dokter anda jika anda berencana memiliki anak agar obat dapat diganti dengan jenis lain. Contoh obat yang dapat menyebabkan jumlah sperma berkurang antara lain obat-obatan golongan Sulfa.

4. Merokok

Ada banyak bahaya bagi kesehatan akibat dari kebiasaan menghisap asap rokok. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, namun merokok juga merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bisa memicu infertilitas pria. Hal ini karena adanya kandungan nikotin dan tembakau pada rokok yang bisa merusak sperma dan mengurangi jumlahnya.

5. Stres

Stres tidak hanya bisa mengganggu aktivitas keseharian, termasuk dalam urusan pekerjaan. Namun banyak ahli reproduksi yang menyebutkan akan dampak buruk stres sebagai faktor penyebab gangguan kesuburan. Bahkan pada beberapa kasus, akibat dari stres juga bisa memicu masalah disfungsi ereksi pada pria.

Bagi pria, untuk memiliki sperma sehat yang berkualitas, maka menjaga kesehatan tubuh serta rajin berolahraga secara teratur sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, berikan tubuh anda asupan yang bergizi dan hindari zat-zat yang bisa merusak tubuh anda seperti rokok dan polusi.

Untuk menurunkan risiko gangguan kesuburan yang mungkin dialami, maka lakukan gaya hidup sehat, serta memperbanyak banyak konsumsi makanan seperti buah dan sayur yang mengandung mikronutrien seperti zinc, mangan dan kalsium. Mikronutrien berpengaruh terhadap metabolisme sel sperma.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

Efek samping obat golongan sulfa pada kesuburan pria, Kebiasaan buruk seorang pria yang mandul, obat penambah sperma2016
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma | inicarak | 4.5