Loading...

Kelenjar Minyak, Penyebab Utama Jerawat Sering Muncul di Wajah

Wajah merupakan tempat dimana jerawat sering muncul. Padahal, wajah yang mulus menjadi salah satu penunjang penampilan yang sempurna dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Karena wajah merupakan bagian tubuh pertama yang biasanya diamati orang lain untuk mengenal atau mengingat seseorang.

Pada dasarnya, jerawat terbentuk ketika sebum (minyak alami kulit) terperangkap di bawah permukaan kulit. Sebum kemudian bisa bercampur dengan sel-sel kulit mati dan membentuk komedo, atau mungkin juga bereaksi dengan P. acnes, bakteri yang ditemukan pada folikel rambut, yang memicu peradangan.

Sebenarnya, jerawat memang tidak selalu hanya muncul di daerah wajah. Jerawat bisa muncul di mana saja di bagian kulit yang memang mengandung kelenjar minyak, misalnya di wajah, leher, dada, punggung, lengan bagian atas, dan sekitar kelamin.

loading...

Namun menurut penjelasan dr Dani Djuanda, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, seperti dikutip dari detikHealth, karena kelenjar minyak lebih banyak berada di daerah wajah, maka jerawat lebih sering muncul disitu.

Kondisi inilah yang menyebabkan kenapa jerawat lebih sering muncul di kulit wajah dibanding dengan bagian kulit tubuh lainnya.

Loading...

Hasil pencarian:

kelenjar minyak diwajah
Kelenjar Minyak, Penyebab Utama Jerawat Sering Muncul di Wajah | inicarak | 4.5