Keluhan Pada Ibu Hamil: Cara Mengatasi Kaki bengkak Pada Ibu Hamil | IniCaraku.com

Keluhan Pada Ibu Hamil: Cara Mengatasi Kaki bengkak Pada Ibu Hamil

Pembengkakan kaki (edema) biasa terjadi pada saat usia kehamilan memasuki trimester akhir, dan ini terjadi pada sekitar 75% ibu hami. Penyebab kaki bengkan pada ibu hamil bisa karena ibu terlalu banyak diam.

Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebakan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami bengkak di kakinya bisa mengatasinya dengan cara melakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama.

Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh.

Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia.

Panduan Cara Cepat Hamil



IniCaraku.com Search form