Keluhan Pada Ibu Hamil: Cara Mengatasi Kram dan Sakit Pada Kaki Ibu Hamil | IniCaraku.com

Keluhan Pada Ibu Hamil: Cara Mengatasi Kram dan Sakit Pada Kaki Ibu Hamil

Saat memasuki usia akhir kehamilan, ibu hamil biasanya akan mengalami kram dan rasa sakit di kaki. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah.

Gejala tersebut biasanya terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.

Cara Mengatasi Kram dan Rasa Sakit di Kali Ibu Hamil

Saat ibu hamil mengalami kram, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Untuk menghilangkan kekakuan, bisa dilakukan dengan cara menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kak. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dengan tumit untuk mencegah kram mendadak.

Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan istirahat yang cukup.

Panduan Cara Cepat Hamil


IniCaraku.com Search form