Loading...

Kenali 5 Gejala Wanita Yang Terkena Kanker Rahim

Kanker rahim atau kanker ovarium merupakan salah satu jenis kanker yang sering terjadi di kalangan wanita, terutama wanita yang sudah memasuki usia 50 tahun. Walau demikian, kini tidak hanya wanita golongan tua saja yang bisa terkena kanker rahim, wanita yang masih usia muda pun tidak menutup kemungkinan bisa terkena penyakit kanker rahim.

Maka dari itu, anda perlu untuk mewaspadai setiap gejala yang berhubungan dengan kanker rahim. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa gejala dari kanker rahim yang harus anda ketahui.

1. Berat badan menurun secara mendadak
Tidak ada penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba. Karena itu, apabila anda suatu ketika tiba-tiba mendapati berat badan yang menurun hingga 10 kg secara tiba-tiba, dengan catatan anda tidak melakukan olahraga ataupun perubahan diet, maka itu bisa menjadi gejala kanker rahim. Sebaiknya anda segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

loading...

2. Mengalami perut kembung
Bila suatu ketika anda sudah merasa perut terasa kenyang walaupun anda belum makan banyak, maka itu mungkin adalah pertanda dari kanker rahim. Jika anda merasa perut terasa kembung yang disertai dengan nyeri di panggul atau perut, maka itu juga bisa menjadi tanda atau gejala kanker rahim. Bila itu hanya terjadi satu hari, mungkin akan baik-baik saja. Namun bila lebih dari sepekan, maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Adanya perubahan pada payudara
Ada kalanya kulit di sekitar payudara kusam dan payudara menjadi merah ruam. Dalam beberapa kasus, payudara anda mungkin mengalami peradangan, tetapi bisa juga menjadi salah satu gejala kanker rahim. Perubahan dalam bentuk, ukuran, dan tekstur payudara bisa menjadi gejala awal yang mengarah ke kanker rahim.

4. Perubahan pada kulit
Kulit bisa menjadi indikator adanya kanker dalam tubuh anda. Bila anda ingin mendeteksi dini kanker kulit, maka anda bisa memeriksa apakah perubahan pada tahi lalat. Namun, anda harus memeriksa pigmentasi kulit dan bila terjadi perdarahan pada kulit secara berlebihan, karena itu juga bisa menjadi gejala kanker rahim. Sebaiknya anda melakukan periksakan ke dokter untuk mendiagnosa masalah.

5. Perdarahan menstruasi yang tidak wajar
Normalnya, menstruasi terjadi pada saat wanita berada pada usia subur. Namun, bagaimana bila mengalami perdarahan ketika memasuki usia menopause? Hal tersebut tidaklah normal dan anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa semua baik-baik saja. Selain itu, bila perdarahan menstruasi terjadi tidak teratur, sebaiknya menemui dokter karena itu juga bisa menjadi gejala kanker rahim..

Loading...
Kenali 5 Gejala Wanita Yang Terkena Kanker Rahim | inicarak | 4.5