Loading...

Kenali Tanda dan Gejala Awal Orang yang Kena Stroke Sekarang Juga!

Stroke adalah gangguan yang terjadi pada pembuluh darah di otak. Di mana otak manusia membutuhkan aliran darah yang konstan untuk membawa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi.

Pembuluh darah membawa darah dari jantung ke otak. Maka bila ada gangguan pada pembuluh darah, fungsinya pun juga akan mengalami gangguan.

Seseorang yang sudah pernah terkena stroke maka biasanya akan meninggalkan bekas atau ada kecacatan pada salah satu bagian tubuhnya. Sangat sulit (minim) bagi orang yang pernah terkena stroke untuk bisa normal seperti sedia kala sebelum ia terkena stroke. Walau memang ada yang bisa sembuh sepenuhnya, namun ini sangatlah jarang.

loading...

Cara Mengetahui Tanda dan Gejala Awal Seseorang Terkena Stroke

Mengetahui gejala atau tanda-tanda awal seseorang terkena stroke bisa bisa membantu memberikan penanganan dengan segera terhadap penyakit stroke. Ini akan meningkatkan peluang seseorang bisa sembuh dari stroke lebih besar.

Untuk mengetahui apakah seseorang terkena stroke atau tidak, bisa diketahui dengan melihat tanda-tanda utama yang sering muncul sebagai gejala awal seseorang terkena stroke. Berikut ini di antaranya:

1. Bicara
Cobalah anda minta kepada orang tersebut untuk berbicara. Mintalah ia mengucapkan sebuah kalimat sederhana (yang masuk akal). Jika kalimat yang keluar terasa pelo, maka itu juga sudah boleh dicurgai bahwa itu sebagai salah satu dari gejala awal serangan stroke.

2. Senyum
Cobalah anda minta orang yang diduga stroke untuk tersenyum. Bila ternyata senyumnya terasa agak aneh, dan biasanya wajah orang tersebut, terutama pada bagian sudut bibir agak miring, maka anda bisa mencurigainya kalau itu adalah gejala stroke.

3. Tangan
Anda bisa mencoba orang tersebut untuk mengangkat kedua tangannya dengan telapak tangan menghadap ke atas. Bila tangannya tidak bisa terangkat secara simetris, atau tangannya makin lama makin turun, serta mengalami kelemahan. Maka anda boleh mencurigai kalau itu adalah juga salah satu gejala stroke.

Namun selain dengan cara melihat gejala utama stroke tersebut, anda bisa melihat gejala awal stroke lainnya. Misalnya saja adalah sakit kepala hebat, penurunan penglihatan tiba-tiba atau penglihatan ganda. Pusing dan hilangnya keseimbangan. Hilangnya rasa atau baal pada satu sisi. Mulut melorot dan gangguan menelan. Bahkan sampai hilangnya kesadaran atau koma juga bisa menjadi gejala awal seseorang terkena stroke.

Oleh karena itu, bila anda menemukan gejala-gejala tersebut maka segeralah menemui dokter. Karena otak akan rusak dalam lima menit. Semakin lama ke rumah sakit, maka akan semakin buruk pula kondisinya dan angka kecacatan akan semakin tinggi.

Loading...
Kenali Tanda dan Gejala Awal Orang yang Kena Stroke Sekarang Juga! | inicarak | 4.5