Loading...

Kesalahan dalam Mencuci Pakaian yang Sering Dilakukan Tanda Disadari

Pernah mencuci baju putih namun ternyata justru terkena noda atau berubah warna? Atau mungkin baju baru yang anda cuci justru rusak saat dicuci menggunakan mesin cuci?

Sejatinya pakaian dicuci untuk membersihkan pakaian dari segala kotoran. Namun tidak jarang pakaian yang kita cuci justru terkena noda atau bahkan mungkin mengalami kerusakan sehingga pakaian tidak lagi bisa dipakai.

Kesalahan Dalam Mencuci Pakaian

Tanpa disadari kita telah melakukan kesalahan-kesalahan yang bahkan bisa menjadi hal fatal yang bisa merusak pakaian yang dicuci. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci yang harus diperhatikan dan dihindari.

loading...

1. Pakaian Jadi Mengecil
Mencuci kaos atau sweater memakai air yang terlalu panas atau meninggalkan sweater kesayangan di mesin pengering terlalu lama bisa membuat sweater jadi mengecil. Tapi jangan khawatir bila hal ini terjadi.

Ada cara untuk memperbaiki kaos atau sweater yang mengecil setelah dicuci. Yaitu anda bisa masukkan tiga sendok kondisioner rambut ke dalam air dengan suhu kamar. Selanjutnya rendam sweater selama kurang lebih lima menit, sebelum menariknya dengan pelan-pelan dan membentuknya ke ukuran semula. Untuk mengeringkannya, anda bisa menaruh di atas handuk.

2. Menaruh Baju di Mesin Pengering Terlalu Lama
Biasanya karena tidak ada waktu untuk menjemur atau jemuran di luar sudah terlalu penuh, maka kita akan membiarkan pakaian yang sudah dicuci dan dikeringkan begitu saja di mesin pengering. Padahal, membiarkan hal ini bisa menyebabkan baju terlalu kusut. Untuk memperbaikinya, maka kita bisa masukkan kembali baju tersebut bersamaan dengan handuk yang basah.

3. Tidak Membaca Petunjuk Cara Mencuci Pakaian
Banyak orang mengabaikan cara mencuci pakaian. Sejatinya cara mencuci pakaian tidaklah selalu sama. Hal ini lebih sering karena bahan yang digunakan. Ada pakaian yang boleh dicuci menggunakan air panas atau harus dengan air dingin, boleh dikeringkan atau tidak, dan lain-lain. Jika petunjuk cara mencuci pakaian ini dilupakan, maka bisa berakibat pakaian yang dicuci bisa kusut, warnanya memudar atau mengalami kerusakan lainnya.

4. Memakai Terlalu Banyak Sabun Cuci
Dengan harapan noda di pakaian bisa dihilangkan dengan mudah, maka tidak sedikit orang yang menuangkan banyak sekali detergent atau sabun cuci ke mesin cuci mereka. Padahal, tindakan seperti ini bisa menyebabkan pakaian cepat kusam dan mesin cuci rusak. Karena itu sebelum mencuci, pastikan untuk baca petunjuk yang ada di detergent sebelum memasukkannya ke mesin cuci.

5. Tidak Menyortir Pakaian Sebelum Mencuci
Beberapa jenis pakaian perlu disortir sebelum dimasukkan ke mesin cuci. Terutama yang harus disortir dan dicuci terpisah adalah baju putih dan pakaian berwarna yang mudah luntur warnanya. Karena bila hal ini tidak dilakukan, maka seluruh pakaian akan menjadi terkena noda atau kelunturan dan baju putih anda pun menjadi aneh warnanya karena banyak noda. Sebaiknya sortir pakaian yang akan dicuci menjadi tiga bagian, yaitu pakaian berwarna, gelap dan putih.

6. Lupa Mengosongkan Kantong dan Menutup Resleting
Pastikan untuk selalu memeriksa kantong pakaian atau celana yang akan dicuci. Anda tentu tidak mau misalnya saja hp, dompet dan isinya ikut tercuci. Hal yang seringkali terjadi gara-gara lupa mengosongkan kantong adalah tissue yang ikut tercuci sehingga menyebabkan tissue menempel di pakaian setelah kering. Menutup resleting juga tidak kalah penting agar pakaian tidak sobek pada waktu penggilingan atau mesin berputar.

7. Mesin Cuci Terlalu Penuh
Tujuannya baik, agar proses mencuci menjadi lebih cepat. Namun memaksakan mesin cuci bekerja dalam kondisi terlalu penuh bisa menyebabkan hasil pencucian tidak sempurna dan maksimal. Karena mencuci dalam kondisi overload biasanya membuat pakaian kurang bersih dan bahkan bisa menyebabkan mesin cuci menjadi lebih cepat mengalami kerusakan. Karena bila terlanjur rusak, maka anda harus mengeluarkan anggaran lebih untuk memperbaiki atau mungkin membeli mesin cuci yang baru.

Nah, apakah anda selama ini sudah benar dalam menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian anda dan keluarga? Atau malah sebagian besar kesalahan tersebut selalu anda lakukan?

Loading...

Hasil pencarian:

penyebab baju berjamur
Kesalahan dalam Mencuci Pakaian yang Sering Dilakukan Tanda Disadari | admin | 4.5