Loading...

Ketahui 5 Penyebab Sering Bangun di Malam Hari

Sering terbangun saat malam hari tentu sangat tidak menyenangkan. Selain membuat jam tidur berkurang, sering bangun di malam hari biasanya juga akan berakibat pada mengantuk saat siang hari. Jika ini terus dibarakan, tentulah bisa mengganggu pekerjaan dan aktivitas keseharian kita.

Tidak sedikit orang yang setelah terbangun di malam hari akan mengalami kesulitan untuk tidur kembali. Untuk itulah, perlu kiranya kita mengetahui apa saja penyebab kita sering terbangun di malam hari.

Menurut health.com, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang kurang tidur atau terbangun di malam hari, yaitu:

loading...

1. Sakit
Beberapa jenis penyakit seperti sakit punggung, sakit kepala, dan sindrom sendi temporomandibular (masalah dengan otot rahang) merupakan penyebab utama kurang tidur yang berhubungan dengan nyeri.

2. Mental dan Stres
Insomnia adalah suatu gejala dan penyebab depresi dan kecemasan, karena otak menggunakan neurotransmitter yang sama untuk tidur dan suasana hati. Situasi stres seperti masalah uang atau perkawinan, sering menyebabkan insomnia yang bisa menjadi masalah jangka panjang.

3. Mendengkur
Timbulnya dengkuran saat tidur terjadi karena mengalami henti napas saat tidur akibat jalan napas yang tersumbat.

Jangan sepelekan masalah mendengkur karena dapat menyebabkan penyakit serius bila diabaikan. Mendengkur merupakan gejala dari sleep apnea, gangguan yang terkait dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

4. Perubahan Hormonal
Menopause, menstruasi, dan kehamilan adalah beberapa sumber utama masalah tidur di kalangan wanita. Hot flashes, payudara lembut, dan sering buang air kecil semua mengganggu pola tidur teratur.

5. Masalah Medis
Seringkali kesulitan tidur berbarengan dengan kondisi medis lainnya, misalnya penyakit paru-paru atau asma. Sesak napas yang diderita dapat mengganggu tidur terutama di pagi hari. Untuk penderita gagal jantung bisa mengembangkan pola pernapasan abnormal. Parkinson dan penyakit neurologis lainnya menjadai efek samping dari sulitnya tidur.

Loading...
Ketahui 5 Penyebab Sering Bangun di Malam Hari | inicarak | 4.5