Loading...

Ketahui Penyebab Anus Gatal-gatal

Pernah melihat orang menggaruk pantat, atau mungkin malah anda sendiri yang sering melakukan itu? Hati-hati, bisa jadi itu karena cacing kremi.

Tidak nyaman memang bila harus bermasalah dengan gatal, apalagi bila gatal yang muncul adalah di sekitar anus. Selain membuat tidak nyaman, pastinya itu juga sangat memalukan.

Penyebab Gatal di Anus

Adanya bakteri di dalam usus menjadi salah satu penyebab gatal di daerah anus. Namun selain itu, gatal di anus juga bisa muncul karena seseorang yang mengalami wasir.

Bila ternyata penyebab gatal adalah karena memang sedang terkena wasir, maka solusinya bisa diatasi dengan cara sering mengganti pakaian dalam. Akan tetapi bila gatalnya terus menerus, maka alangkah lebih baiknya bila berkonsultasi dengan dokter.

Menggaruk bagian anus yang gatal sebenarnya aman-aman saja, tentunya selama tidak dilakukan dengan kencang. Karena bila digaruk terlalu kencang, dikhawatirkan dapat menyebabkan luka di anus atau daerah sekitarnya.

Perlu untuk diketahui bahwa selain karena wasir, gatal di anus juga bisa disebabkan oleh cacing kremi. Cacing kremi berwarna putih dengan panjang sekitar 3 sampai 5 mm dan cacing kremi dewasa bisa sampai 10 mm dengan ukuran yang kecil dan halus.

Cacing kremi betina memiliki sifat yang unik, dimana mereka akan meletakkan telurnya di luar usus yaitu di daerah dubur, hal inilah yang menyebabkan sering muncul rasa gatal di dubur.

Obat Gatal Karena Cacing Kremi

Untuk jenis gatal di anus yang disebabkan oleh cacing kremi maka sangat dianjurkan untuk tidak digaruk. Karena selain bisa menempel di benda dan menulari orang lain, menggaruk anus juga bisa menyebabkan infeksi dan bahkan juga menyebabkan radang pada dubur.

Adapun cara untuk mengatasi cacing kremi yang sudah menginfeksi tubuh harus dilakukan dengan cara menghilangkan cacing kremi tersebut.

Lakukan pemeriksaan tinja untuk mengetahui apakah ada cacing kremi atau tidak. Jika memang ada maka segera diobati. Salah satu cara mengobati cacing kremi yang alamai adalah dengan menyediakan 1 bungkul bawang putih, 1 jari tangan akar pohon pepaya dan 400 cc air. Keprek terlebih dahulu bawang putih. Masukkan bawang bersama akar pepaya ke dalam panci. Rebus dengan menggunakan air. Tunggu hingga mendidih. Saring ramuan tersebut dan lalu minumkan ke penderita setiap dua kali sehari.

Untuk cara mengetahui ada tidaknya cacing kremi juga bisa dilakukan pemeriksaan dengan menempelkan semacam selotip di daerah dubur, lalu ditempelkan di gelas, maka akan terlihat apakah ada cacing kremi atau tidak di dubur.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

apakah bawang putih bisa mengobati gatal gatal di sekitar anus, bawang putih mengobati anus gatal, bawang putih mwngobati anus gatal, mengatasi gatal anus bawang putih
Ketahui Penyebab Anus Gatal-gatal | inicarak | 4.5