Loading...

Konsumsilah Makanan yang Tepat Agar Terhindari dari Penyakit

Ketika musim penghujan tiba, tubuh kita biasanya akan lebih rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Salah satu tips untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar serat terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi yang tepat.

Menurut gastroentrologist (ahli penyakit pencernaan), Dr.Roy Patankar, seperti dilansir laman Times of India, salah satu penyakit yang paling umum pada musim penghujan adalah gastroenteritis, suatu peradangan pada saluran pencernaan seperti lambung dan usus yang biasanya menyebabkan diare, kram perut dan mual. Hal ini mungkin karena pasokan air yang terkontaminasi. Selain itu, adanya infeksi Amoebiasis (infeksi usus) yang disebarkan oleh lalat juga bisa jadi penyebab lain buruknya kesehatan pada musim penghujan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus Anda konsumsi selama musim penghujan untuk membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

loading...

1. Kacang-kacangan dan kecambah. Kacang-kacangan mengandung protein, serat, kalsium dan zat besi yang sangat baik bagi kesehatan anda.

2. Sayuran harus dicuci bersih dan dibersihkan bukan hanya sebelum dimasak, tapi sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

3. Sertakan sayuran pahit dalam diet anda seperti labu pahit, yang dapat mencegah infeksi.

4. Meski musim penghujan, namun Anda tetap harus banyak minum air. Selain untuk mencegah dehidrasi, minum banyak air juga bermanfaat untuk menjaga tingkat metabolisme tetap tinggi. Minum air hangat yang dicampur kemangi bisa berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi sup juga disarankan selama musim penghujan karena merupakan makanan kaya akan nutrisi. Sup yang ditambahkan bawang putih juga sangat baik dalam menjaga kekebalan tubuh.

Loading...
Konsumsilah Makanan yang Tepat Agar Terhindari dari Penyakit | inicarak | 4.5