Loading...

Kurang Tidur Malam Perbesar Resiko Terkena Penyakit Jantung

Untuk Anda yang sering begadang atau kurang tidur malam hari, sebaiknya kurangi kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, kualitas tidur yang buruk karena kurang tidur malam bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung seseorang. Demikian disimpulkan peneliti Universitas Alabama, Birmingham, Amerika Serikat.

Kualitas waktu tidur yang baik adalah antara 6-8 jam di malam hari, demikian seperti yang dikatakan oleh profesor Alan S Gertler dari departemen penyakit kardiovaskular.

Ketika kualitas waktu tidur buruk, lanjut Gertler, akan ada peningkatan tekanan darah, hormon stres, toleransi glukosa lebih rendah, dan peningkatan berat badan.

loading...

“Semua faktor tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner,” tukasnya.

Gertler juga menjelaskan bahwa waktu tidur yang kurang dari enam jam umumnya dapat menyebabkan peningkatan protein C-reaktif (CPR) yang menjadi penanda peradangan pada arteri yang memperbesar risiko aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan terjadinya penumpukan plak yang akan menyumbat pembuluh darah manusia.

Selain itu, masalah lain dalam tidur yang dapat menimbulkan resiko penyakit jantung adalah gejala apnea. Akibat sindrom tersebut udara tidak cukup untuk masuk ke paru-paru melalui mulut dan hidung saat tidur.

“(Ini) mengurangi jumlah oksigen dalam darah anda,” tandas Gertler.

Loading...
Kurang Tidur Malam Perbesar Resiko Terkena Penyakit Jantung | inicarak | 4.5