Loading...

Kurangi Asupan Garam, Cara Mudah Mencegah Hipertensi

Hipertensi adalah suatu keadaan ketika tekanan darah di pembuluh darah meningkat secara kronis. Seorang dikatakan hipertensi bila tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastoliknya lebih dari 140/90 mmHg. Salah satu cara mencegah seseorang terkena resiko hipertensi adalah dengan mengurangi asupan garam. Mengurangi asupan garam dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5,4 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 2,8 mmHg.

Garam memiliki daya untuk menyerap cairan dalam tubuh. Inilah, yang menjadi salah satu faktor tekanan darah meningkat. Disarankan agar asupan garam yang dikonsumsi dalam sehari tidak lebih dari satu sendok teh atau tidak lebih dari enam gram Natrium Klorida.

Namun demikian, takaran asupan garam tersebut juga harus mempertimbangkan kualitas hidup masing-masing orang karena tidak semua mampu mengonsumsi makanan yang rendah asupan garamnya.

loading...

Salah satu cara untuk mengurangi asupan garam adalah dengan tidak menambah takaran garam dalam masakan. Atau tidak menaruh garam di atas meja makan.

Selain dengan mengontrol asupan garam, juga penting bagi kita untuk segera mengubah gaya hidup, misalnya dengan melakukan diet sehat, melakukan aktivitas fisik teratur, mempertahankan berat badan dan lingkar pinggang ideal serta menjaga lingkungan bebas dari asap rokok.

Loading...
Kurangi Asupan Garam, Cara Mudah Mencegah Hipertensi | inicarak | 4.5