Loading...

Lima Makanan Pencegah Bau Mulut yang Mudah Ditemukan

Bau mulut bisa disebabkan karena rongga mulut tidak terjaga kebersihannya, baik itu dari sisa makanan ataupun bakteri yang tumbuh di dalamnya. Kabar baiknya, tidak sulit untuk mengatasi masalah bau mulut tersebut, karena cukup dengan menggunakan bahan makanan yang sering dan mudah ditemukan disekitar masalah bau mulut bisa teratasi.

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan atau minuman yang bisa untuk menangkal bau mulut dan tidak sulit untuk ditemukan:

1. Teh
Mengonsumsi teh tanpa gula bermanfaat mencegah bau mulut, demikian menurut hasil penelitan di Pace University. Ini karena minuman teh, khususnya teh hitam dan teh hijau mengandung antioksidan bernama polifenol yang ampuh untuk membasmi bakteri penyebab bau mulut.

loading...

2. Yoghurt
Jika dikonsumsi tanpa tambahan pemanis, mengonsumsi yoghurt bisa membantu mengurangi populasi bakteri penyebab bau mulut. Mengonsumsi yoghurt secara rutin bisa mengurangi plak atau karang gigi dan risiko berbagai penyakit gigi dan mulut, demikian menurut berbagai penelitian.

3. Air putih
Salah satu cara ampuh untuk menangkal bau mulut adalah dengan membasahi kerongkongan sesering mungkin. Sebagian besar bakteri penyebab bau mulut bersifat anaerob yang artinya lebih bisa bertahan hidup pada kondisi kering. Selain itu, banyak minum juga bisa merangsang produksi air liur yang berfungsi juga sebagai cairan pembersih.

4. Kemangi (penangkal bau sambal bawang)
Bawang, baik itu bawang merah ataupun bawang putih mengandung 33 senyawa berbau tidak sedap yang menyebabkan napas jadi bau. Daun kemangi bisa jadi penangkal hebat untuk mengatasi masalah bau mulut karena makan lalap sambal bawang. Kandungan polifenol yang terkandung dalam kemangi bisa menetralkan senyawa-senyawa penyebab bau mulut pada bawang.

5. Apel dan bayam
Baik apel ataupun bayam mengandung serat yang berfungsi seperti sikat saat dikunyah. Mengunyah apel atau makanan berserat lainnya bisa menjadi cara yang ampuh untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Selain itu, apel dan bayam juga mengandung polifenol yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut.

Loading...
Lima Makanan Pencegah Bau Mulut yang Mudah Ditemukan | inicarak | 4.5