Loading...

Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Anda Berubah Warna

Gigi putih selain mempunyai kesan lebih bersih, juga akan membuat senyum anda makin indah dan menawan. Sayangnya, karena beberapa kebiasaan yang kita lakukan setiap hari maka gigi yang harusnya berwarna putih berubah warna menjadi kuning kusam atau sedikit kecoklatan. Salah satu penyebab gigi berubah warna adalah karena makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning kusam atau hitam kecoklatan.

Teh dan kopi

loading...

Kandungan chromogen pada minuman berkafein seperti teh dan kopi bisa menyebabkan munculnya noda pada gigi anda. Sebagai alternatif, bila biasanya anda minum teh hitam, gantilah dengan teh hijau atau teh herbal karena tidak meninggalkan noda di gigi. Atau bila punya hobi minum kopi, anda bisa mengunyah permen karet whitening bebas gula setelah meminum secangkir kopi.

Anggur merah dan anggur putih

Baik anggur merah ataupun anggur putih sama-sama memiliki sifat asam dan kaya akan kandungan chromogen yang menyebabkan noda di gigi.

Kacang

Penyebab munculnya noda di gigi bisa juga karena kebiasaan mengonsumsi kacang-kacangan seperti kenari hitam. Tidak banyak dari kita yang menyadari kalau kacang secara tradisional digunakan untuk membuat tinta dan pewarna, sehingga anda bisa membayangkan bagaimana dampaknya pada gigi.

Saus dan cuka

Anda mungkin tidak pernah menyadari kalau saus berwarna dan cuka bisa menyebabkan berubahnya warna pada gigi anda. Namun seiring dengan warna yang tajam, mereka juga sangat asam dan asin di mana bisa merusak email gigi Anda.

Permen dan es loli

Berbagai jenis aneka permen, permen karet dan es loli (permen manis yang mengandung warna) harus anda waspadai karena bisa mengubah warna gigi dan untuk jangka panjang juga dapat menyebabkan beberapa kerusakan serius pada gigi anda.

Loading...
Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Anda Berubah Warna | inicarak | 4.5