Loading...

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Menyusui

Apa yang dimakan oleh ibu menyusui akan diproses menjadi ASI yang kemudian juga akan dikonsumsi oleh bayi. Untuk itulah sebaiknya ibu yang menyusui harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu yang sedang menyusui, apalagi bila ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayinya, karena dipercaya bisa membuat si bayi rewel:

Kopi, Teh dan Soda
Kafein yang Anda konsumsi dapat diteruskan kepada bayi Anda melalui ASI, sedangkan bayi Anda tidak dapat mengeluarkannya dari tubuhnya dengan cepat sebagaimana layaknya orang dewasa. Jika Anda masih ingin meminum kopi, teh, atau soda, sebaiknya pilih waktu dimana Anda tidak akan menyusuinya untuk beberapa waktu.

loading...

Cokelat
Cokelat juga mengandung kafein – meskipun tidak sebanyak kopi – namun sebagian bayi bisa menjadi rewel juga gara-gara ibunya memakan cokelat terus menerus

Brokoli
Sebagian bayi juga mengalami perut kembung jika sang ibu memakan brokoli, apalagi dalam jumlah banyak. Jika ini juga terjadi pada bayi Anda, coba kurangi konsumsi brokoli sebelum serta merta menghentikannya, lalu lihat lagi perkembangannya.

Daun Mint
Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak teh dengan daun mint, mungkin produksi ASI Anda bisa berkurang. Ini disebabkan zat yang terkandung dalam daun mint..

Jeruk dan Lemon
Jika mengkonsumsi jeruk dan lemon bisa menyebabkan bayi Anda rewel, coba ganti asupan Vitamin C dengan buah lain seperti mangga atau pepaya.

Makanan yang Terlalu Pedas
Jika Anda menyukai makanan pedas, mungkin selama menyusui Anda perlu membatasinya, karena bisa menyebabkan perut si kecil ‘kepanasan’.

Bawang Putih
Sebagian bayi juga akan bereaksi jika Anda memakan terlalu banyak makanan yang dominan rasa bawang putihnya

Seledri
Sebagian ibu juga akan mengalami penurunan produksi ASI ketika mengkonsumsi terlalu banyak seledri.

Tidak semua makanan di atas bisa membuat bayi Anda rewel atau kembung perutnya jika Anda mengkonsumsinya. Jadi, kuncinya adalah memperhatikan apakah makanan tertentu bisa menyebabkan bayi Anda rewel atau tidak.

Loading...

Hasil pencarian:

bolehkah ibu menyusui minum jeruk nipis, ibu menyusui minum air perasan jeruk nipis, jeruk nipis bagi ibu menyusui, bolehkah ibu menyusui minum jeruk nipis tiap hari, bolehkah ibu menyusui minum jus lemon, bolehkah ibu meyusui minum jeruk nipis dan jahe, efek minum lemon di pagi hari bagi ibu menyusui, jeruk nipis untuk ibu menyusui, jus lemon saat menyusui
Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Menyusui | inicarak | 4.5