Loading...

Makanan Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Gula adalah salah satu dari sekian bahan makanan yang jadi penyebab gigi mudah berlubang. Dan tanpa kita sadari, sebagian besar makanan untuk bayi yang anda berikan pun mengandung gula. Namun, apakah makanan tersebut bisa menyebabkan gigi berlubang?

Makanan Penyebab Gigi Berlubang

Setiap makanan yang mengandung gula bisa menyebabkan kerusakan gigi dan bisa melarutkan enamel pelindung pada gigi anak. Faktanya, 90 persen dari apa yang anak-anak makan (termasuk roti, sereal, dan buah) memiliki kandungan gula yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Namun, masalah sebenarnya bukan pada jumlah gula yang ada pada makanan, namun adalah berapa lama makanan yang mengandung gula itu menetap pada gigi anak.

Sebagai contoh, beberapa makanan yang paling merusak gigi adalah makanan yang menetap di geraham bagian belakang dan tidak larut dengan cepat seperti permen kenyal, keripik, dan kerupuk. Lolipop, jus, dan soda juga bisa membuat lubang di gigi karena gula di makanan tersebut bisa menetap selama beberapa menit di gigi.

Makanan Pencegah Gigi Berlubang

Uniknya, sebagaimana yang dikutip dari laman Republika, coklat justru bisa baik untuk pertumbuhan gigi anak anda karena cokelat menurut penelitan bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Bahkan, banyak dokter gigi menyarankan orang tua untuk memberikan susu coklat.

Makanan yang kaya akan kandungan kalsium seperti keju juga bisa mencegah gigi berlubang. Keju bisa merangsang produksi air liur untuk membersihkan gigi secara alami serta menetralkan asam mulut.

Jadi untuk ibu-ibu, jangan khawatirkan anak anda yang senang makan permen. Karena dengan anak rajin menggosok gigi dengan benar, maka anak anda akan terhindari dari gigi berlubang yang jadi penyebab sakit gigi.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

benci jika liat mantan sama istrinya!
Makanan Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak | inicarak | 4.5