Loading...

Makanan Penyebab Perut Buncit Karena Kembung yang Harus Dihindari

Perut buncit karena kembung bisa terjadi karena adanya gas di dalamnya. Hal ini tentunya tidak baik, sebab selain menyebabkan rasa pegah juga dapat mengganggu penampilan karena menyebabkan anda terlihat lebih gemuk dari sebenarnya.

Adanya gas di dalam perut biasanya lebih dikarena oleh makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Karena itu, untuk cara mencegah perut kembung yang membuat terlihat lebih buncit, ada baiknya bila anda hindari beberapa makanan tertentu.

Makanan Penyebab Perut Buncit Karena Kembung yang Harus Dihindari

Sebagaimana yang dikutip dari laman Dailymail, berikut ini beberapa daftar makanan yang ahrus dihindari karena bisa menyebabkan perut kembung:

1. Sayuran tertentu

Ada beberapa jenis sayuran tertentu yang dapat menyebabkan perut kembung. Sayuran tersebut diantaranya adalah brokoli, kembang kol, dan kubis. Bagi sebagian orang, sayuran ini tidak dapat dicerna dengan sempurna di usus, mungkin karena kekurangan enzim.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat dikonsumsi karena mengandung lemak tak jenuh sehingga baik bagi tubuh. Namun bagi sebagian orang, kacang-kacangan juga bisa membuat perut menjadi kembung. Karena itu, untuk mengurangi potensinya membuat perut kembung, sebelum dikonsumsi kacang-kacangan bisa direndam lebih dulu di air dingin yang dicampur dengan jus lemon atau cuka semalaman.

3. Rempah

Walau memiliki kandungan senyawa aktif yang bermanfaat, namun beberapa jenis rempah juga bisa memicu asam lambung. Bahan-bahan ini dapat terfermentasi di lambung dan menyebabkan perut kembung.

4. Permen karet

Permen karet bisa menjadi alternatif yang membantu untuk mengurangi keinginan makan. Akan tetap aktivitas mengunyah permen karet juga bisa membuat anda menelan lebih banyak udara yang menyebabkan perut kembung.

5. Garam

Garam bisa meningkatkan tubuh menyerap air, sehingga tubuh akan terlihat menjadi lebih gemuk dari yang seharusnya. Begitu juga perut anda yang terlihat lebih buncit.

6. Susu

Sebagian orang tidak memproduksi enzim laktase yang dapat mencerna laktosa, yaitu gula yang ditemukan dalam susu. Saat tubuh anda tidak bisa mencerna laktosa, maka senyawa tersebut akan terfermentasi di dalam lambung dan menyebabkan gas.

Itulah beberapa contoh makanan penyebab perut kembung yang ada baiknya untuk dihindari bagi anda yang rentan mengalami perut kembung. Namun demikian, tidak semua orang alergi dan menyebabkan perut kembung ketika mengonsumsi makanan di atas.

Selain itu, meski menyebabkan perut kembung, bukan berarti pula bahwa anda harus menghindarinya. Tetaplah konsumsi karena di dalam makanan tersebut terkandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Tapi jangan berlebihan saat mengonsumsinya agar tidak memicu produksi gas berlebih yang menyebabkan perut kembung dan buncit.

loading...
About these ads
Loading...
Makanan Penyebab Perut Buncit Karena Kembung yang Harus Dihindari | inicarak | 4.5