Loading...

Makanan Sehat Tapi Membahayakan Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi makanan yang sehat dianjurkan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi tubuh. Namun tidak selamanya makana sehat akan membuat baik tubuh, karena tidak jarang bahwa mengonsumsi makanan sehat dalam batas berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan lain.

Ya, tidak sedikit orang yang karena mengganggap bahawa makanan tersebut sehat maka ia mengonsumsi sebanyak-banyaknya makanan sehat tersebut dengan tujuan untuk membuat tubuh jauh lebih baik. Sayang, tindakan seperti itu justru keliru.

Makanan Sehat Namun Dapat Membahayakan Kesehatan Tubuh

Sebagaimana yang dikutip dari laman Womenshealth, ahli penyakit dalam dari RS Mount Sinai membeberkan sejumlah makanan sehat yang bisa berbalik menjadi penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut diantaranya:

1. Jeruk dan Tomat

Hindari mengonsumsi buah jeruk secara berlebihan. Buah yang merupakan sumber vitamin C ini memiliki kandungan asam yang dapat menyebabkan refluks dan jangka panjang prakanker pada lapisan esofagus. Adapun anjuran untuk mengonsumsi buah jeruk sebaiknya tidak lebih dari dua porsi atau satu tomat sehari.

2. Tuna

Kandungan kadar merkuri di dalam ikan tuna paling tinggi dibandingkan ikan lain, karena itu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi tuna secara berlebihan. Pada orang dengan asupan merkuri yang berlebihan dapat menyebabkan masalah penglihatan, gangguan pendengaran dan bicara, kurangnya koordinasi serta kelemahan otot. Untuk itu, pastsikan anda dan keluarga tidak mengonsumsi ikan tuna lebih dari 3-5 kaleng dalam seminggu. Anda juga bisa mengonsumsi ikan salmon atau udang sebagai gantinya.

3. Air putih

Air putih baik untuk dikonsumi oleh semua orang sebagai sumber asupan cairan yang baik bagi tubuh. Minum air putih dapat membantu mentralisir racun dalam tubuh. Namun ketika seseorang mengonsumsi minum yang berlebihan maka hal itu bisa menyebabkan keracunan.

Ketika seseorang minum air putih secara berlebihan, maka hal itu akan mencairkan natrium dalam tubuh, sehingga tingkat natrium darah rendah dan dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan bahkan kematian pada beberapa kondisi seperti gagal ginjal. Anda yang sudah menderita gangguan ginjal jelas tidak boleh melakukan tindakan ini, yaitu minum air berlebihan.

Banyak orang, bahkan tim kesehatan menganjurkan seseorang untuk minum minimal 8 gelas air setiap harinya. Namun ternyata kebutuhan akan acairan dalam tubuh setiap orang berbeda-beda. Jumlah kebutuhan air dalam tubuh seseorang dapat diketahui dengan menghitungnya sesuai rumus: (40 X berat badan anda)+ 500ml

Jadi misalnya anda memiliki berat badan 80 kg, maka jumlah air yang harus diminum dalam satu hari adalah sebanyak (40 X 80) + 500 =3700ml

4. Kedelai

Manfaat kedelai adalah dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah ketika dikonsumsi dalam jumlah normal. Namun bila mengonsumsinya secara berlebihan, tahu atau tempe serta produk kedelai lainnya justru akan menghambat penyerapan zat besi.

Selain itu, kedelai memiliki kandungan senyawa mirip estrogen (isoflavon) yang apabila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat berpotensi menyebabkan hiperplasia endometrium, atau risiko kanker rahim. Walaupun mengenai hal ini belum ada penelitian yang jelas, namun jumlah konsumsi kedelai yang disarankan adalah maksimal dua porsi per hari.

5. Bayam

Sayur bayam merupakan sumber asupan yang kaya akan protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral juga tinggi lutein, suatu karotenoid yang dapat mencegah degenerasi makula (penyebab umum kehilangan penglihatan dan kebutaan). Namun perlu diketahui bahwa bayam juga memiliki kandungan oksalat yang cukup tinggi. Oksalat adalah senyawa yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena itu mengonsumsi sayur bayam sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Mereka yang menderita masalah asam urat juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi bayam karena kandungan uric acid di dalamnya sangat tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang ketika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Sebenarnya, apapun ketika dilakukan secara berlebihan, maka akan menyebabkan masalah lain. Jadi, konsumsilah sesuatu dalam batas yang sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan.

loading...
Loading...
Makanan Sehat Tapi Membahayakan Kesehatan Tubuh | inicarak | 4.5