Loading...

Makanan Sehat untuk Balita

Usia tumbuh kembang membutuhkan nutrisi terbaik karena menjadi periode emas pertumbuhan serta perkembangan anak. Oleh karena itu, maka perhatian atas asupan makanan yang dibutuhkan menjadi sebuah hal yang perlu diutamakan.

Pada usia anak 3 sampai 5 tahun, kemampuan makan telah sama seperti orang dewasa namun membutuhkan tekstur makanan yang lebih lembut. Prinsipnya sang anak sudah bisa diperkenalkan pada berbagai jenis makanan dan diperbolehkan makan apa saja yang sama seperti orang dewasa konsumsi.

Hanya saja, perlu ditakar asupan jumlah protein hewani atau nabati agar dalam proporsi yang lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan protein akan mendukung pemenuhan kecukupan gizi anak. Disamping itu, sebaiknya tetap konsumsi susu 3-4 kali sehari.

loading...

Hindari makanan yang mengandung natrium tinggi: kecap, saus, penyedap, pengawet, makanan instant dan Fast food. Makanan boleh digoreng atau ditumis. Sebaiknya menu selalu bervariasi agar anak tidak bosan dan mengenal berbagai jenis makanan sejak kecil.

Untuk menambah kecerdasan, konsumsi protein harus cukup terutama ikan laut karena kandungan omega 3 yang lebih banyak dibanding makanan lainnya.

Loading...
Makanan Sehat untuk Balita | inicarak | 4.5