Loading...

Makanan Sehat untuk Berpuasa Selama Bulan Ramadhan

Tubuh membutuhkan makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan akan nutrisi, terlebih di bulan puasa Ramadhan seperti sekarang ini.

Kebanyakan orang tidak cukup minum sehingga tubuhnya mengalami dehidrasi dan dehidrasi berakibat pada kembung dan rasa tidak nyaman saat berbuka puasa.

Agar tubuh selalu sehat dan bugar, maka konsumsilah makanan sehat seperti berikut ini:

1. Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan favorit selama di bulan Ramadhan. Selain karena memang sunnah nabi, kurma juga baik dikonsumsi karena kaya akan akan kandungan vitamin A,B6, potasium, sodium alami, besi dan magnesium. Kurma juga mengandung gula alami yang akan memberi energi yang dibutuhkan sebelum salat tarawih. Selain itu, kurma juga berfungsi sebagai pencahar ringan untuk mengatasi sembelit yang umum terjadi saat puasa karena perubahan pola makan.

2. Buah segar

Makan buah segar bisa menjadi cara tepat untuk mengisi kembali elektrolit tubuh yang hilang selama berpuasa. Menjelang berbuka, tekanan gula darah rendah dan buah segar menyediakan karbohidrat kompleks dan juga serat untuk meningkatkan glukosa secara bertahap sekaligus meningkatkan pencernaan.

3. Kacang mentah

Kacang-kacangan mentah mengandung lemak yang bisa membantu melepaskan gula yang ada pada kurma secara perlahan. Kacang juga bisa membantu perut terasa penuh tanpa harus makan banyak.

4. Daging, ayam, ikan

Protein yang terkandung dalam bahan makanan ini membantu perut merasa kenyang lebih lama. Salah satu masalah yang dihadapi saat berpuasa adalah kehilangan otot akibat massa otot yang berkurang. Mengonsumsi cukup daging sapi, domba, ayam atau ikan dalam kebab atau dipanggang bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

7. Sayuran segar

Sayuran segar memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah kalori. Mengonsumsi sayuran akan memberikan tubuh asupan gizi sekaligus membantu pencernaan dan tidur.

8. Air

Satu liter air lemon juga baik diminum selain dua liter air putih. Manfaat air lemon sangat baik untuk liver, memberi vitamin C dan juga membasahi otot sehingga orang yang berpuasa tidak mudah lelah.

Selama berpuasa, terutama saat sahur, sebaiknya hindari terlalu banyak minum teh dan kopi karena itu bisa menyebabkan sering buang air kecil dan kehilangan garam mineral. Selain itu, sebaiknya hindari juga minum soda karena kandungan kimia di dalamnya bisa membuat anda merasa cepat haus saat puasa.

loading...
Loading...
Makanan Sehat untuk Berpuasa Selama Bulan Ramadhan | inicarak | 4.5