Loading...

Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita Hipertensi

Tekanan darah tinggi adalah penyebab dari penyakit hipertensi. Penyakit hipertensi ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Beragam gejala atau efek samping hipertensi biasanya akan muncul kala penyakit ini sedang kambuh. Salah satu yang paling umum ketika seseorang terkena hipertensi adalah menjadi lebih mudah marah. Apabila tidak dirawat dan dijaga dengan baik, maka hipertensi bisa memicu serangan jantung yang amat fatal.

Makanan Sehat untuk Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Untuk menjaga agar kondisi tersebut tidak semakin parah, maka penderita hipertensi harus menjaga pola makan yang sehat. Sebagaimana yang dikutip dari laman Times of India, ada beberapa makanan yang harus rajin dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Dan berikut ini adalah daftar makanan sehat untuk penderita hipertensi tersebut.

Buah dan sayur

Penderita hipertensi diharuskan mau mengonsumsi setidaknya empat sampai lima porsi buah dan sayur. Ini karena buah dan sayur merupakan sumber alami yang sangat baik dari mikronutrien penting seperti vitamin dan mineral, serta kaya akan kandungan serat. Tidak hanya itu saja, buah dan sayur juga menjadi sumber kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Contoh buah yang baik untuk penderita hipertensi adalah buah bit.

Biji-bijian

Makanan yang terbuat dari tepung sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi. Juga sebaiknya menghindari lemak jenuh seperti mentega, keju dan krim. Sebagai gantinya, penderita disarankan untuk mengonsumsi gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan yang bisa membantu meningkatkan kolesterol sehat.

Seafood

Penderita hipertensi memerlukan makanan dengan protein berkualitas tinggi seperti putih telur, daging tanpa lemak, makanan laut, dan ikan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk menurukan tekanan darah tinggi.

Air kelapa

Selain menyegarkan tubuh, manfaat air kelapa ternyata juga efektif untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan dalam satu penelitian, manfaat dari mengonsumsi air kelapa jika dilakukan secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah sebanyak 71 persen.

Itulah beberapa makanan sehat yang harus dikonsumsi penderita hipertensi. Selain mengonsumsi makanan sehat, penderita hipertensi sebaiknya juga harus menghindari makanan penyebab tekanan darah tinggi.

loading...
Loading...
Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita Hipertensi | inicarak | 4.5