Loading...

Makanan Super untuk Mencegah Penyakit Katarak

Katarak adalah penyakit mata yang biasanya menyerang kalangan lanjut usia. Katarak adalah kondisi dimana lensa mata menjadi keruh, sehingga menghalangi sinar cahaya untuk menembusnya. Penderita katarak biasanya akan mengalami pandangan sedikit buram hingga keburaman total sesuai variasi tingkatan katarak yang dialaminya.

Penyebab Katarak

Penyebab katarak ada banyak, misalnya karena kontak dalam waktu lama dengan cahaya ultra violet, radiasi, efek sekunder dari penyakit seperti diabetes dan hipertensi, usia lanjut, atau trauma (dapat terjadi lebih awal) dan biasanya akibat denaturasi dari lensa protein.

Faktor-faktor genetik sering menjadi penyebab katarak kongenital dan sejarah keluarga yang positif juga mungkin berperan dalam predisposisi seseorang untuk katarak pada usia lebih dini, fenomena “antisipasi” dalam katarak pra-senilis. Selain itu penyakit katarak juga dapat diakibatkan oleh cedera pada mata atau trauma fisik.

Cara Mencegah Penyakit Mata Katarak

Walau katarak termasuk penyakit yang umum dialami oleh kalangan usia lanjut, namun tentunya tidak ada orang mau mengalaminya. Karena itu, untuk mencegahnya maka dianjurkan setiap orang untuk selalu menjaga mata mereka agar tetap sehat.

Cara menjaga kesehatan mata agar terhindar dari penyakit katarak sebenarnya mudah. Anda hanya perlu menerapkan diet dengan mengonsumsi 5 makanan super berikut ini.

1. Sayuran hijau

Memperbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam mampu membantu menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak. Hal ini karena sayur bayam dikemas dengan lutein dan zeaxanthin serta antioksidan yang membantu menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak.

2. Wortel

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi sehingga dapat mencegah kebutaan bila dikonsumsi secara teratur. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam wortel juga membantu menjaga kornea tetap sehat dan melindungi sel-sel mata.

3. Salmon

Daging ikan salmon baik untuk kesehatan mata, karena membantu melindungi retina dari kerusakan dan mencegah kebutaan, serta mengandung kaya asam lemak omega 3 yang mencegah mata kering. Asam lemak omega 3 juga membantu menangkal degenerasi makula terkait usia.

4. Paprika

Sayuran ini mengandung enzim tertentu, seperti lutein yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu saja, lutein juga akan melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

5. Bluberi

Makan bluberi secara teratur mampu menjaga kesehatan mata. Ini karena bluberi merupakan buah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan penglihatan dan memperkuat pembuluh darah di belakang mata.

Demikian adalah beberapa contoh makanan super yang dapat membantu seseorang mencegah dari terkena penyakit katarak sebagaimana yang dikutip dari laman Zeenews. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Makanan Super untuk Mencegah Penyakit Katarak | inicarak | 4.5