Loading...

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Agar Peluang untuk Hamil Lebih Besar

Untuk meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan semakin besar, ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda dan pasangan konsumsi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk meningkatkan kesuburan:

  • Gunakan lebih banyak minyak tidak jenuh seperti PUFA (omega 3 dan 6) serta MUFA (omega 9). Asam lemak tak jenuh banyak terdapat pada kacang-kacangan, minyak tumbuhan, biji-bijian, dan ikan laut dalam seperti sarden atau salmon. Lemak tak jenuh bekerja meningkatkan kesuburan dengan memperbaiki sensitivitas tubuh terhadap insulin, dan mengurangi reaksi inflamasi yang terjadi.
  • Gunakan protein nabati setiap kali makan seperti tahu, tempe, kacang, dan lain-lain. Protein nabati, terutama produk kedelai, kaya akan fitoestrogen yang membantu meningkatkan kesuburan.
  • Hindari penggunaan lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan yang diproses industri seperti margarin, minyak yang dipanaskan, junk food, krim, dan lain sebagainya. Lemak trans akan menyebabkan terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang akan mengganggu kesuburan.
  • Konsumsi cukup vitamin (seperti asam folat yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau, biji-bijian, kuning telur, hati, ginjal, dan buah), cukup mineral (zinc banyak pada seafood), serta antioksidan (selenium, vitamin E, C, dan A) dalam makanan sehari-hari yang dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.
  • Konsumsi karbohidrat sesuai kebutuhan, jangan berlebihan, dan pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang kaya akan serat seperti sereal, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Kesemuanya akan memperbaiki kesuburan dengan mengendalikan kadar gula darah dan insulin.
  • Pilihlah air putih sebagai minuman sebagai pengganti minuman bersoda yang kaya gula, atau minuman yang kaya kafein seperti kopi, coklat, teh, dan soda.

Berat badan yang berlebihan atau terlalu kurus akan mempengaruhi kesuburan juga. Oleh karenanya, pertahankan berat badan dalam batas normal dengan indeks massa tubuh antara 18,5-22,9 kg/m2. Melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur juga akan memperbaiki kesuburan. Namun jangan melakukan olahraga secara berlebihan, karena akan mempengaruhi masa ovulasi.

Jangan lupa, hentikan kebiasaan merokok karena rokok bisa menyebabkan berkurangnya kesuburan. Selalu berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda, dan jangan lupa untuk selalu berdoa!

loading...

Panduan Cara Cepat Hamil

Loading...
Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Agar Peluang untuk Hamil Lebih Besar | inicarak | 4.5