Loading...

Makanan Wajib Dikonsumsi Wanita Saat Haid Agar Tetap Berenergi

Kondisi tubuh wanita yang sedang menstruasi biasanya akan menurun. Akibat darah yang keluar saat menstruasi, maka tubuh wanita cenderung lebih mudah merasa lelah. Ini karena banyak nutrisi dan mineral yang hilang saat menstruasi.

Untuk menjaga agar tubuh wanita tetap sehat serta mood-nya juga stabil, maka diperlukan asupan nutrisi yang lebih banyak selama masa menstruasi. Dan berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi.

1. Kedelai

Makanan kaya kalsium akan membuat tulang kuat dan memberi tambahan energi saat darah banyak berkurang karena menstruasi.

Kedelai adalah contoh sumber kalsium yang baik yang sebaiknya dikonsumsi selama masa menstruasi. Karena dibandingkan susu full cream, maka kandungan kalsium pada susu kedelai atau tahu adalah lebih baik, selain sehat juga tidak membuat gemuk.

2. Gandum & Sayur

Nasi merah, gandum utuh dan juga sayuran segar kaya akan kandungan serat yang akan membuat perut menjadi merasa kenyang lebih lama tanpa membuatnya terasa kembung dan penuh. Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya juga akan membantu mengurangi penumpukan air yang berlebihan pada tubuh.

3. Air Putih

Tubuh akan kehilangan banyak cairan selama masa menstruasi. Karena itu, cukupi kebutuhan akan asupan cairan tubuh dengan minum minimal delapan gelas air putih setiap hari untuk mencegah perut kram dan dehidrasi.

4. Buah dan Biji-bijian

Jenis mineral seperti potassium juga membantu mengurangi penumpukan cairan. Jeruk, pisang dan nanas merupakan buah yang kaya akan jenis mineral ini. Konsumsi juga cukup magnesium yang terdapat dalam biji-bijian dan kacang untuk mengurangi tubuh yang terasa ‘bengkak’.

5. Protein

Protein memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktivitas seharian saat haid. Anda bisa mendapatkan asupan protein sehat dari mengonsumsi telur putih rebus, dada ayam tanpa lemak serta susu rendah lemak.

6. Zat Besi

Karena selama masa menstruasi biasanya wanita banyak mengeluarkan darah, maka untuk sebagai gantinya diperlukan asupan zat besi yang cukup. Asupan zat besi didapat dari mengonsumsi bayam, buah kurma serta kacang-kacangan.

Itulah beberapa makanan wajib untuk wanita selama masa haid atau menstruasi. Mengonsumsi makan tersebut di atas akan membantu tubuh wanita tetap berenergi selama masa datang bulan.

loading...
Loading...
Makanan Wajib Dikonsumsi Wanita Saat Haid Agar Tetap Berenergi | inicarak | 4.5