Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Usia 40 Tahun Keatas

Saat usia seseorang telah memasuki umur 40 tahun keatas, berbagai risiko serangan penyakit seperti jantung dan diabetes akan semakin meningkat. Oleh karenya diperlukan pola hidup yang sehat seperti olahraga yang rutin dan juga pemilihan makanan yang sesuai.

Berikut ini beberapa daftar makanan yang bisa dijadikan pilihan yang baik ketika usia Anda telah memasuki umur 40-an keatas.

1. Susu. Susu banyak mengandung lemak. Lemak susu bisa membantu memerangi penurunan massa otot berkaitan dengan bertambahnya usia, terutama setelah usia 50.

2. Lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, dan mengurangi risiko denyut jantung yang tidak teratur.

3. Ceri. Buah merah ranum ini membantu dalam memerangi kondisi yang umum terjadi saat usia paruh baya, termasuk arthritis. Ceri kaya akan antioksidan yang juga bermanfaat dalam menangkal penuaan dini.

4. Kenari. Jenis kacang-kacangan yang satu ini bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah yang memicu risiko kolesterol.

5. Daging ayam. Merupakan sumber protein yang tinggi. Satu buah dada ayam tanpa kulit mengandung 200 gram protein yang menyehatkan.

6. Kedelai. Isoflavon dalam kacang kedelai telah dikaitkan untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kepadatan tulang pada perempuan pasca-menopause, dan juga meningkatkan kesuburan pria.

7. Gandum. Mengandung beta-glukan yang membantu mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, oats juga mengandung avenanthramides, yang merupakan antioksidan unik untuk melindungi tubuh terhadap aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri merupakan gangguan yang umum yang secara spesifik menyerang arteri medium dan arteri besar. Aterosklerosis terjadi jika lemak, kolesterol, dan bahan-bahan lainnya menumpuk di dinding arteri dan membentuk struktur keras yang disebut plak.

8. Tomat. Kaya akan antioksidan seperti lycopene. Jenis buah yang sering dijadikan bahan tambahan dalam masakan ini memberikan proteksi terhadap pembentukan dalam penyebaran sel-sel kanker. Selain itu lycopene juga berkhasiat dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan arteri.

Loading...
Lihat Juga Cara yang Lainnya

Kandungan dan Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan - Buah ceri memiliki ciri buah berbentuk kecil dengan warna merah. Terlepas dari itu, ternyata buah ceri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, utamanya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit serta dapat meningkatkan libido untuk pasangan suami...

Jenis Makanan yang Berfungsi Untuk Mencegah Rambut Rontok - Rambut adalah mahkota, baik bagi wanita ataupun pria. Salah satu masalah yang sering muncul pada rambut adalah kerontokan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, namun demikian ada juga banyak hal yang bisa untuk mencegahnya. Berikut...

Cara Menggosok Gigi yang Benar - Sering gosok gigi atau menyikat gigi setiap harinya belum tentu akan menjamin bahwa gigi kita akan bersih dan sehat. Hal ini karena cara menyikat gigi yang salah bisa menyebabkan gigi menjadi sensitif. Untuk memperoleh hasil kebersihan gigi dan...

Bahaya Akibat Kurang Tidur yang Harus Diwaspadai - Setelah beraktivitas seharian, maka kita membutuhkan tidur. Tidur yang cukup tidak hanya memberikan dampak untuk menghilangkan rasa penat dan mengantuk, namun juga akan mengembalikan stamina dan kesegaran tubuh. Karena itu, sangat penting untuk...

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi Agar Rasa Nyeri Tidak Bertambah Parah - Sebagai siklus bulanan yang selalu dialami setiap wanita, menstruasi seringkali membuat rasa tidak nyaman pada wanita. Karena tidak jarang, selama mesntruasi banyak wanita merasakan gangguan terkait masalan menstruas. Beberapa contoh gangguan...

Penyebab Gigi Berdarah Saat Menyikat Gigi - Pernahkah anda mendapati sehabis menyikat gigi ada keluar darah yang diketahui dengan berubahnya ludah anda menjadi berwarna merah muda?Bila demikian yang sering terjadi, maka anda perlu mewaspadainya karena itu merupakan pertanda adanya...

Loading...