About these ads

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Usia 40 Tahun Keatas

Saat usia seseorang telah memasuki umur 40 tahun keatas, berbagai risiko serangan penyakit seperti jantung dan diabetes akan semakin meningkat. Oleh karenya diperlukan pola hidup yang sehat seperti olahraga yang rutin dan juga pemilihan makanan yang sesuai.

Berikut ini beberapa daftar makanan yang bisa dijadikan pilihan yang baik ketika usia Anda telah memasuki umur 40-an keatas.

1. Susu. Susu banyak mengandung lemak. Lemak susu bisa membantu memerangi penurunan massa otot berkaitan dengan bertambahnya usia, terutama setelah usia 50.

2. Lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, dan mengurangi risiko denyut jantung yang tidak teratur.

Baca juga: , .

3. Ceri. Buah merah ranum ini membantu dalam memerangi kondisi yang umum terjadi saat usia paruh baya, termasuk arthritis. Ceri kaya akan antioksidan yang juga bermanfaat dalam menangkal penuaan dini.

4. Kenari. Jenis kacang-kacangan yang satu ini bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah yang memicu risiko kolesterol.

5. Daging ayam. Merupakan sumber protein yang tinggi. Satu buah dada ayam tanpa kulit mengandung 200 gram protein yang menyehatkan.

6. Kedelai. Isoflavon dalam kacang kedelai telah dikaitkan untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kepadatan tulang pada perempuan pasca-menopause, dan juga meningkatkan kesuburan pria.

7. Gandum. Mengandung beta-glukan yang membantu mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, oats juga mengandung avenanthramides, yang merupakan antioksidan unik untuk melindungi tubuh terhadap aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri merupakan gangguan yang umum yang secara spesifik menyerang arteri medium dan arteri besar. Aterosklerosis terjadi jika lemak, kolesterol, dan bahan-bahan lainnya menumpuk di dinding arteri dan membentuk struktur keras yang disebut plak.

8. Tomat. Kaya akan antioksidan seperti lycopene. Jenis buah yang sering dijadikan bahan tambahan dalam masakan ini memberikan proteksi terhadap pembentukan dalam penyebaran sel-sel kanker. Selain itu lycopene juga berkhasiat dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan arteri.

Lihat Juga Cara yang Lainnya
loading...
About these ads

Cara Membuat Pasta Gigi Sendiri - Fungsi pasta gigi adalah untuk membantu mempermudah dalam membersihkan gigi dan menjaga kesehatanya. Untuk mendapatkan pasta gigi, maka kita biasanya membelinya di toko atau warung. Namun tahukah anda, bahwa sebenarnya kita bisa membuat sendiri...

Tanda dan Gejala Akibat Alergi Makanan yang Harus Anda Ketahui - Alergi termasuk hal yang tidak boleh anda anggap remeh. Pasalnya pada beberapa kasus, efek dari alergi makanan bahkan mengancam jiwa. Terkadang, gejala alergi makanan bisa muncul dalam beberapa menit setelah mengonsumsi makanan tertentu. Artinya,...

Penyebab Orang Dewasa Masih Sering Ngompol - Ngompol saat tidur malam hari tidak hanya dialami oleh anak kecil, bahkan orang yang sudah dewasa pun bisa juga ngompol saat tidur. Mengompol atau disebut juga dengan inkontinensia merupakan ketidakmampuan unutk menahan urine dalam kandung kemih...

Manfaat Sehat Minum Satu Sendok Madu Setiap Hari - Madu merupakan cairan terbaik yang diberikan oleh alam. Zat antioksidan yang merupakan salah satu kandungan di dalam madu ini memberikan manfaat baik dimana ini dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh serta kekuatan tubuh untuk melawan...

Tips Aman Cara Buka Puasa untuk Penderita Sakit Diabetes - Menjaga pola makan sangat penting dilakukan oleh penderita diabetes agar penyakitnya tidak kambuh, terutama adalah mereka yang menjalankan ibadah puasa. Asupan makanan untuk buka puasa menjadi penting untuk diperhatikan oleh kaum diabetesi agar gula...

5 Pilihan Terbaik Buah untuk Buka Puasa - Buka puasa menjadi salah satu momen menggembirakan bagi mereka yang berpuasa. Karena waktu buka puasa berarti anda bisa kembali mulai makan dan minum seperti pada hari biasanya. Namun saat buka puasa pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat...