Makanan yang Bisa Bermanfaat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi | IniCaraku.com

Makanan yang Bisa Bermanfaat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi tidak ada gejala atau tanda khas sebagai peringatan dini. Biasanya, hipertensi terjadi akibat makanan, usia dan genetika. Jika tidak segera diatasi, tekanan darah tinggi bisa memicu serangan jantung dan stroke, bahkan menyebabkan kematian.

Untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau Hipertensi sebenarnya bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti;

1. Mentimun
Kandungan mineral dari mentimun yaitu potassium, magnesium dan fospor inilah yang dapat mengobati hipertensi. Selain itu juga mentimun yang bersifat uretic karena kandungan airnya yang tinggi juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah.

2. Kismis
Kismis kaya akan kalium yang dikenal mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kismis juga menjadi sumber serat yang baik dan mengandung antioksidan yang dapat mengubah biokimia pembuluh darah untuk mengurangi tekanan darah.

3. Kiwi
Penelitian yang presentasikan dalam pertemuan American Heart Association tahun lalu menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga kiwi sehari dapat menurunkan tekanan darah. Para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi kiwi lebih mampu menurunkan tingkat tekanan darah sistolik daripada mereka yang makan apel.

4. Pisang
Penelitian di tahun 2005 yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa tekanan darah bisa turun dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang.

Selain itu, mengonsumsi kalium sitrat -yang ditemukan secara alami dalam makanan- memiliki efek yang sama dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi yang mengonsumsi kalium klorida melalui suplemen.

5. Semangka
Penelitian dari Florida State University menunjukkan bahwa asam amino yang ditemukan pada semangka, yang disebut L-citrulline atau L-arganine, bisa menurunkan tekanan darah.