Loading...

7 Makanan yang Bisa Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Sakit Flu

Sakit flu atau influenza seringkali ditandai dengan gejala-gejala seperti kedinginan, demam ringan (hingga demam tinggi), sakit tenggorokan, hidung berair atau pilek, sakit otot, sakit kepala, batuk, diare dan pusing. Flu adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus akibat lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Gejala influenza akan tampak lebih buruk jika di dalam tubuh terjadi komplikasi dengan penyakit lain. Misalnya saja penyakit pneumonia atau yang kita kenal sebagai paru-paru basah.

Makanan untuk Membantu Meredakan Sakit Flu dengan Segera

Saat sakit flu menyerang anda, jangan buru-buru pergi ke dokter atau ke apotik untuk membeli obat sakit flu. Karena ada beberapa makanan yang bisa bermanfaat untuk menyembuhkan sakit flu, seperti:

1. Jahe
Sejak zaman nenek moyang dulu jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis. Bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat.

2. Makanan yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Jeruk bukanlah satu-satunya makan yang kaya akan vitamin C. Kentang, paprika hijau, stroberi dan nanas juga kaya akan vitamin C untuk melawan pilek dan flu.

3. Teh Hijau
Peneliti Jepang Hiroshi Yamada, MD, Ph.D menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yakni catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

4. Bawah Putih
Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Bayam
Sayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah (setelah dicuci) atau dimasak sebentar.

6. Jamur

Jamur memiliki kandungan seperti vitamin B, selenium dan antioksidan yang tinggi. Sudah sejak lama diketahui akan manfaat jamur, yaitu bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jamur memiliki efek antivirus serta bisa meningkatkan produksi sel-sel yang melawan infeksi. Kekurangan jumlah selenium dalam tubuh bisa meningkatkan risiko yang lebih besar terkena flu pada seseorang. Dengan adanya kandungan vitamin B dalam jamur, hal ini akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

7. Sup ayam

Mengonsumsi sup ayam hangat bisa membantu meringankan sakit tenggorokan serta membantu melonggarkan lendir di tenggorokan. Tidak hanya saja, hasil penelitian awal juga menunjukkan bahan-bahan yang digunakan dalam sup ayam memiliki sifat obat yang unik. Hasil dari sebuah studi yang dilakukan di University of Nebraska Medical center menemukan bahwa kaldu, sayuran dan ayam dalam sup yang telah diuji laboratorium menunjukkan sifat anti-inflamasi. Sifat anti peradangan ini bisa membantu dalam mengurangi gejala dan memperpendek infeksi saluran pernapasan atas.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu meringankan sakit flu yang bisa dikonsumsi saat sakit flu menyerang anda atau salah satu anggota keluarga. Jadi, jangan buru-buru untuk segera pergi ke dokter atau mengonsumsi obat medis. Karena anda bisa coba dulu obat sakit flu yang alami seperti di atas.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

makanan penyembuh pilek, makanan untuk orang flu, makanan buat flu, makanan penyembuh flu, makanan yg cocok untuk orang yg sedang sakit pilek tenggorokan, apakah flu bermanfaat, makanan untuk orang sakit flu, makanan untuk flu, lagi flu makan, mknan yg baik dhidangkn untk pndrta skit flu, buah untuk flu pilek, makanan untuk meringankan flu, jus buat mencegah flu dan pusing, tempelan buat orang flu, makanan buat demam pilek
7 Makanan yang Bisa Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Sakit Flu | inicarak | 4.5