Makanan yang Bisa Menyembuhkan Kita dari Kecanduan Rokok

Banyak orang mengatakan bahwa merokok bisa bermanfaat untuk menghilangkan stress dikala pekerjaan menumpuk atau karena banyak pikiran. Namun, selain dapat merusak kesehatan, merokok ternyata juga bisa menyebabkan ketergantungan. Bahkan ada banyak orang yang karena sudah menjadi perokok sejati, begitu bangun tidur bukannya cuci muka atau olah raga, yang ada adalah malah mencari rokok.

Orang-orang yang sudah mulai sadar akab bahaya rokok pun akhirnya mencari-cari cara bagaimana agar bisa berhenti dari kebiasaan merokok. Berbagai usaha dan cara pun dilakukan, mulai dari berpuasa, rehabilitasi, atau mengganti rokok dengan permen.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada empat jenis menu makanan yang sangat membantu proses penyembuhan dari kecanduan rokok?

Sebuah penelitian tentang para perokok dilakukan oleh Duke University, sebuah universitas di Durham, Amerika Serikat. Hasilnya, diketahui bahwa ada empat menu makanan yang dapat membantu perokok sembuh dari kecanduannya. Makanan tersebut antara lain:

1. Sayuran
Sayuran hijau, seperti brokoli, sangat baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Zat anti-kankernya melindungi jantung dan paru-paru Anda dari racun asap rokok yang tinggal di dalam tubuh. Zat di dalam brokoli akan mengurangi efek racun nikotin yang perlahan menjalar di tubuh Anda.

Sayuran lain seperti seledri, terong, kacang-kacangan dan mentimun juga sangat baik bagi pecandu rokok. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin, zat di dalam sayuran sedikit demi sedikit mengurangi ketergantungan tubuh pada nikotin.

2. Buah-buahan
Mereka yang kecanduan rokok pada umumnya kekurangan vitamin C, hal ini disebabkan karena adanya kandungan nikotin di dalam darah. Nikotin mempengaruhi metabolisme tubuh yang menyebabkan tubuh kita tidak mampu menyimpan vitamin C dengan baik.

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, berry-berryan, adalah buah yang kaya akan vitamin C. Perbanyak konsumsi buah-buahan tersebut dan dalam beberapa waktu vitamin C akan mengusir habis nikotin dari tubuh Anda.

3. Aneka Produk Susu
Memang tak banyak yang menyukai rasa susu, namun susu justru sangat baik untuk mendukung program penyembuhan kecanduan rokok ini. Susu ternyata dapat mempengaruhi rasa dari rokok, menjadikannya terasa pahit dan tidak enak. Rasa tidak enak tersebut akan membuat perokok perlahan jera mengonsumsi rokok.

Konsumsi susu sehari dua kali, dengan demikian tanpa Anda sadari rokok yang Anda hisap perlahan berkurang sedikit demi sedikit.

4. Minuman non-karbon
Jauhi softdrink dan perbanyak minum air mineral atau jus buah. Kandungan nutrisi dalam jus buah akan membantu membersihkan racun nikotin di dalam tubuh. Sedangkan softdrink, atau kopi justru membuat tubuh Anda semakin haus pada nikotin.

Nah, sebelum anda terkena efek negatir rokok dan susah untuk menghilangkan kebiasaan merokok, ada baiknya bila mulai dari sekarang anda coba untuk mengurangi porsi rokok anda setiap harinya. Kalau bisa, mulailah berhenti merokok dari sekarang. Jangan sampai terlambat!

Loading...
Lihat Juga Cara yang Lainnya

6 Risiko / Bahaya yang Mengancam Perempuan Hamil Merokok - Merokok aktif atau pasif saat masa kehamilan menyebabkan dampak yang tidak baik bagi ibu dan janin.Ketika seorang ibu hamil terpapar asap tembakau, zat berbahaya diserap ke dalam aliran darah ibu dapat melewati plasenta dan mempengaruhi bayi...

Bahaya Minum Kopi Sambil Merokok Untuk Kesehatan - Bagi pecinta kopi dan rokok, menikmati secangkir kopi dengan sebatang rokok disaat udara sedang dingin sangatlah nikmat. Namun menurut dokter jantung, kenikmatan yang didapat dari kombinasi kopi dan rokok sebanding dengan risikonya yakni mempercepat...

8 Jenis Penyakit yang bisa Menyebabkan Rambut Rontok - Ada banyak penyebab rambut rontok. Selain karena gizi yang tidak tepat, polusi, penggunaan roduk kosmetik yang berlebihan, atau perawatan rambut yang tidak tepat, rambut rontok juga bisa disebabkan sebagai efek samping dari penyakit tertentu....

Agar Tidak Mudah Terkena Penyakit Saat Musim Hujan Datang - Diare, ispa dan flu merupakan contoh beberapa jenis penyakit yang biasa muncul di saat musim penghujan datang. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang tua. Terlebih saat perubahan musim dari kemarau ke...

8 Makanan Sumber Zat Besi - Zat besi bermanfaat untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Kekuranyan zat besi akan menyebabkan terjadinya anemia karena kurangnya jumlah sel darah merah atau...

Penyebab Gigi Berdarah Saat Menyikat Gigi - Pernahkah anda mendapati sehabis menyikat gigi ada keluar darah yang diketahui dengan berubahnya ludah anda menjadi berwarna merah muda?Bila demikian yang sering terjadi, maka anda perlu mewaspadainya karena itu merupakan pertanda adanya...

Manfaat dari Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh - Buah mangga merupakan salah satu jenis buah favorit yang banyak disukai. Rasanya yang manis membuat banyak orang suka mengonsumsi buah ini setidap harinya. Karena selain rasa buah mangga yang manis, di dalamnya juga terkandung banyak nutrisi yang...

Tanpa Obat Kimia, Ini Cara Menyembuhkan Sakit Gigi yang Bisa Dicoba - Sakit gigi merupakan masalah besar bagi kebanyakan orang. Karena saat sakit ini muncul, tidak hanya bagian gigi saja yang merasakan sakit saja, namun juga hampir seluruh anggota badan juga merasakan deritanya.Saat anda mengalami sakit, jangan...

Loading...