Loading...

Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Terkena Penyakit Jantung

Memilih dan mengonsumsi makanan yang tepat guna bisa membantu memelihara kesehatan jantung, demikian seperti anjuran Dr. Grace Judio-Kahl dari Rumah Sakit Bunda yang dia sampaikan pada acara “Mom2Mom Talkshow: Hindari bahaya penyakit jantung dan pembuluh darah sejak dini” seperti yang dikutip dari laman Liputan6.com (27/06/2013).

Dalam acara tersebut, Dr Grace mengatakan bahwa ibu mempunyai peran yang sangan penting untuk memastikan keluarganya tetap dalam kondisi sehat dengan memilih makanan dan membiasakan pola makan yang baik untuk kesehatan jantung.

Misalnya saja dalam pemilihan bahan minyak untuk menggoreng, para ibu harus memilih healthy oil yang baik untuk jantung, yakni yang tidak menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah. Oleh karena itu, dia lebih menganjurkan penggunaan minyak yang berwujud cair daripada minyak padat.

loading...

Selain itu, dr. Grace juga menyarankan kepada masyarakat untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh (saturated fats).

Biasanya lemak jenuh terkandung dalam makanan dari produk-produk hewani, seperti keju, mentega, susu, es krim, dan daging berlemak.

Dr Grace memberikan tiga kategori jenis makanan dan minuman berlemak berdasarkan kadar kolesterol yang dikandung dan seberapa sering makanan atau minuman tersebut boleh dikonsumsi.

Menurut Dr Grace, makanan yang masuk kategori aman untuk dikonsumsi, antara lain putih telur ayam, daging ayam tanpa kulit, dan ikan air tawar.

Untuk kategori pantang atau tidak aman karena kadar kolesterolnya yang sangat tinggi itu, seperti kuning telur ayam dan otak sapi.

Untuk kategori yang boleh dikonsumsi sekali-sekali, contohnya daging asap, iga, daging sapi biasa, burung dara. Kalau kategori hati-hati, misalnya keju, kepiting, udang, kerang, daging sapi berlemak.

Kategori makanan “berbahaya” karena mengandung kadar kolesterol tinggi, antara lain santan, cumi-cumi, susu sapi, cokelat, telur burung puyuh, jeroan sapi.

Pada kesempatan tersebut, Dr Grace juga memberikan beberapa tips untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, di antaranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, menghindari makan goreng-gorengan, dan juga menggunakan minyak tak jenuh.

Loading...
Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Terkena Penyakit Jantung | inicarak | 4.5