Loading...

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi Agar Rasa Nyeri Tidak Bertambah Parah

Sebagai siklus bulanan yang selalu dialami setiap wanita, menstruasi seringkali membuat rasa tidak nyaman pada wanita. Karena tidak jarang, selama mesntruasi banyak wanita merasakan gangguan terkait masalan menstruas. Beberapa contoh gangguan menstruasi yang sering terjadi pada wanita seperti misalnya adalah kram di perut, perubahan suasana hati yang mendadak hingga perut kembung.

Ada banyak penyebab gangguan menstruasi yang dialami oleh wanita, salah satunya adalah karena makanan. Menurut laman Cheat Sheet, beberapa jenis makanan yang dikonsumsi selama masa menstruasi dapat berpengaruh terhadap tubuh, dimana hal itu dapat memperburuk kondisi yang dialami.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Haid atau Menstruasi

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena munculnya masalah atau gangguan menstruasi, maka sebaiknya hindari makanan yang dapat memperparang kondisi gangguan menstruasi. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kafein

Kafein menjadi salah satu penyebab asam lambung naik. Karena itu, bila saat menstruasi anda sering merasakan perut kembung dan ingin menenangkan perut, maka sebaiknya anda hindari dulu konsumsi kafein untuk sementara waktu.

2. Makanan yang tinggi lemak

Perut kembung dan nyeri payudara yang dialami pada saat datang bulan berlangsung bisa dikarenakan oleh ketidakseimbangan hormonal dan perubahan selama periode, serta makanan yang tinggi lemak yang memengaruhi aktivitas hormonal tubuh.

Untuk mengurangi hormon estrogen dalam tubuh, maka konsumsilah makanan yang rendah lemak jenuh, seperti misalnya buah-buahan, sayuran, ikan dan daging tidak berlemak.

3. Minuman manis

Perut kembung bisa disebabkan oleh minuman manis. Karena itu sebaiknya hindari minuman manis dulu untuk sementara waktu selama masa menstruasi.

4. Lemak daging dan produk susu

Selama masa menstruasi, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi lemak daging dan produk susu. Karena lemak ini bisa menyebabkan dan memperburuk rasa sakit dan peradangan. Sebagai gantinya, anda bisa mengonsumsi ikan, daging tanpa lemak dan kacang.

5. Makanan yang goreng

Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar estrogen yang bisa menghambat kemampuan alami tubuh anda untuk berjalan normal.

Itulah beberapa contoh makanan yang harus dihindari selama menstruasi agar tidak memperburuk gangguan menstruasi yang anda alami.

loading...
Loading...
Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi Agar Rasa Nyeri Tidak Bertambah Parah | inicarak | 4.5