Loading...

Makanan yang Harus Dihindari untuk Menu Makan Sahur

Bulan Ramadhan selalu dinantikan kedatangannya oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan ini seluruh umat islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Agar puasa tidak terganggu, maka ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari saat menyantap makan sahur, terutama di awal hari pertama bulan Ramadhan. Berikut diantaranya:

1. Santan

Menu seperti soto babat atau makanan lain yang mengandung santan perlu diantisipasi, atau jika perlu harus dihindari. Hal ini dikarenakan bahwa makanan bersantan terutama dengan jeroan, memiliki banyak kandungan lemak. Akibat dari itu adalah akan menganggu pencernaan seperti sembelit saat menjalani aktivitas puasa.

2. Pedas

Makanan pedas menjadi salah satu menu favorit penggugah selera makan. Namun selama bulan Ramadhan sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi jenis makanan yang pedas. Bila tidak, maka akan bisa menyebabkan perut terasa panas saat siang hari.

3. Soda

Berbagai jenis minuman dengan kandungan sodamemang sangat menggiurkan saat puasa. Namun bila anda memaksakan meminum yang mengandung soda saat sahur, hal itu akan menyebkan dehidrasi berlebih, serta menjadi pemicu penyakit maag.

4. Gorengan

Tidak lengkap rasanya saat menyantap menu makanan saat sahur tanpa disertai gorengan. Mulai dari goreng tempe, tahu, atau risol. Namun karena jenis makanan ini mengandung banyak minyak, maka akanbisa menyebabkan anda merasa tenggorakan cepat kering sampai sakit saat menjalani ibadah puasa.

5. Sayur Kangkung dan Terong

Sayuran memang sangat baik dikonsumsi sebagai menu makan sahur. Namun untuk sementara ada baiknya bila menghindari jenia sayuran kangkung dan terong. Karena kedua jenis makanan ini bisa menyebabkan seseorang mudah mengantuk karena kadar kandungan yang ada di dalam sayuran tersebut.

loading...
Loading...
Makanan yang Harus Dihindari untuk Menu Makan Sahur | inicarak | 4.5