Loading...

Makanan yang punya efek menyembuhkan & meningkatkan metabolisme

Musim hujan sering membuat daya tahan tubuh seseorang jadi melemah sehingga rentan terhadap serangan penyakit. Namun jangan khawatir, karena ada makanan yang punya efek penyembuh yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga stamina tubuh anda terus prima. Anda pun akan selalu dan tetap sehat meski musim hujan datang.

Kenapa disebut makanan penyembuh? Karena makanan penyembuhan ini bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan, mendokstifikasi racun dalam tubuh, dan meningkatkan metabolisme. Tidak hanya itu, makanan penyembuhan ini juga bisa membantu Anda dalam upaya untuk program penurunan berat badan.

Seperti yang dilansir oleh laman Healthmeup, berikut adalah daftar makanan penyembuh dan bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

loading...

1. Fermentasi atau asinan kol

Kol juga biasa disebut dengan nama kubis. Sayauran ini ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Fermentasi atau asinan kol mentah sangat kuat dalam membantu pencernaan dan mendetokstifikasi racun yang dikemas dengan probiotik, fitokimia, enzim, antioksidan, asam amino, vitamin, mineral, dan serat.

Fermentasi kol mentah ini kaya akan kandungan nutrisi yang membantu menghilangkan racun, melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan membuat sistem pencernaan Anda kembali sehat dengan adanya bakteri yang menguntungkan dari kubis. Asinan kubis mentah mudah untuk dibuat, yakni garam, sayur-sayuran, atau air dadih (produk susu fermentasi yang menyerupai yoghurt dan kefir).

2. Bawang

Bawang masuk dalam kategori bumbu dapur yang hampir selalu tersedia di dapur. Salah satu manfaat bawang adalah bisa membantu menurunkan berat badan, membantu pencernaan agar tetap baik, dan membantu kesehatan yang prima.

Bawang mengandung belerang dalam jumlah tinggi, vitamin C, quercetin, dan serat, di mana semuanya itu merupakan alat bantu yang kuat untuk menetralisir radikal bebas, menjaga darah tetap bersih, dan detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, namun bawang juga mengandung flavonoid yang membantu merangsang produksi antioksidan glutathione untuk detoksifikasi.

3. Kol

Selain dengan cara difermentasi, kol juga bisa dikonsumsi dalam bentuk sayur atau lalap.

Kol adalah makanan super dari peringkat teratas. Hal itu karena kol kaya klorofil, vitamin C, vitamin K, vitamin A, zat besi, kalsium, asam amino, flavonoid, dan karotenoid yang mengeluarkan racun, melawan peradangan, dan memberikan tubuh dengan nutrisi penting untuk peremajaan dan penyembuhan. Selain itu, kol juga rendah kalori, tinggi air, dan serat yang membuatnya menjadi makanan sempurna untuk menurunkan berat badan.

4. Aneka buah berry

Berbagai jenis buah dari keluarga berry seperti blueberry, blackberry, acai berry, goji berry, stroberi, raspberry dan buah-buahan adalah makanan super yang merupakan pilihan terbaik untuk membantu penurunan berat badan.

Buah berry mengandung sekelompok antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan karotenoid penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang menyebabkan penumpukan racun dan stres oksidatif.

Selain itu, aneka buah berry merupakan sumber air dan serat yang bekerja sama untuk menghilangkan racun dan limbah yang akan merangsang penurunan berat badan.

5. Cabai

Selain memberikan efek pedas dan meningkatkan nafsu makan, cabai juga bisa jadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Cabai pedas adalah makanan yang baik untuk dimasukkan dalam diet Anda. Di mana manfaat dari cabai adalah bisa menurunkan berat badan karena mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Capsaicin sendiri memiliki efek termogenik yang membantu mempercepat metabolisme serta membakar lemak.

6. Rumput laut

Tingginya kandungan yodium dalam rumput laut bisa membantu menjaga kesehatan tiroid Anda, sekaligus juga merangsang untuk penurunan berat badan. Rumput laut merupakan bantuan besar untuk detoksifikasi karena membantu membersihkan darah dan menghilangkan logam berat dalam tubuh. Beberapa contoh pilihan rumput laut yang baik adalah rumput laut, dulse, arame, kombu, nori, dan wakame.

7. Buah jeruk

Buah jeruk juga merupakan salah satu jenis buah yang cukup ampuh untuk membersihkan penyembuhan bagi tubuh. Hal ini karena buah jeruk kaya akan kandungan air, vitamin A, vitamin C, flavonoid, dan juga serat yang bisa membantu melawan radikal bebas serta membantu penghapusan racun dalam tubuh. Lemon, jeruk bali, jeruk, dan limau adalah contoh buah jeruk yang baik untuk dikonsumsi untuk menurunkan berat badan secara alami.

Loading...
Makanan yang punya efek menyembuhkan & meningkatkan metabolisme | inicarak | 4.5