Loading...

Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Semangka menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Karena selain menyegarkan dengan tingginya kandungan air di dalamnya, manfaat buah semangka juga baik untuk kesehatan karena adanya kandungan antioksidan. Salah satu manfaat mengonsumsi buah semangka yang paling mudah dirasakan adalah untuk selalu menjaga tubuh agar tetap segar dan terhidrasi dengan adanya kandungan air yang cukup tinggi di dalam buah ini.

Saat makan buah semangka, maka bagian bijinya tidak akan serta ikut dimakan juga. Biasanya kita akan menyisihkan dan membuang biji semangka tersebut. Padahal, bila anda tahu, ada banyak manfaat dari biji buah semangka.

Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Biji semangka mampu memberikan manfaat bagi yang mengonsumsinya karena adanya kandungan nutrisi di dalam biji semangka tersebut. Beberapa contoh kandungan nutrisi biji semangka misalnya adalah mineral, protein dan asam lemak, folat, niacin, thiamin, seng, besi, tembaga, fosfor, mangan, kalium dan juga magnesium.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam biji semangka, maka dengan mengonsumsi biji semangka akan memberikan cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantara manfaat biji semangka diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Adanya kandungan magnesium. Karena itu biji semangka dapat dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Selain itu, kandungan magnesium di dalam biji semangka juga bermanfaat untuk melindungi jantung serta mampu mengurangi risiko serangan jantung.

2. Kaya akan kandungan antioksidan membuat biji semangka mampu memberikan manfaat untuk memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit tetap sehat.

3. Tekanan darah seseorang dapat lebih terkontrol karena adanya kandungan senyawa arginine di dalam biji semangka.

4. Kandungan asam amino air di biji semangka penting untuk metabolisme tubuh.

5. Biji semangka juga dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Caranya adalah dengan merebus biji semangka dan kemudian minum airnya. Namun, tidak disarankan mengonsumsinya dua hari berturut-turut.

6. Biji semangka yang berbentuk pipih ini juga dipercaya dapat mempercepat proses pemulihan ketika sakit. Namun ada baiknya bagi anda untuk terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan dokter.

7. Menikmati secangkir teh yang terbuat dari biji semangka dapat membantu mengobati edema atau sembab.

8. Terutama bagi kaum pria, dengan adanya kandungan lycopene di dalam biji semangka sebagai antioksidan dapat membantu meningkatkan libido pria.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari mengonsumsi biji semangka sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

Cara Makan Biji Semangka Agar Berkhasiat

Untuk cara menikmati biji semangka sendiri sebenarnya ada beberapa cara. Mulai dari dimakan secara langsung bersama saat makan buah semangka. Namun pastikan biji semangka yang anda makan ikut dikunyah, jangan hanya sekedar menelannya dalam kondisi utuh saja.

Kemudian anda juga bisa membuat biji semangka sebagai bahan untuk membuat kwaci. Nantinya anda bisa jadikan ini sebagai camilan yang sehat. Anda jugsa bisa merebus biji semangka untuk kemudian meminum airnya atau dengan menghancurkan bijinya terlebih dahulu.

loading...
About these ads
Loading...
Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh | inicarak | 4.5