Loading...

Manfaat Buah Atap atau Buah Kolang-kaling

Apakah anda pernah mengenal buah dengan nama atap? Jika belum, buah atap ini juga biasa disebut dengan nama kolang-kaling. Kolang-kaling atau buah atap ini adalah buah yang tumbuh dari pohon aren. Berbicara tentang pohon aren, ternyata tanaman pangan yang satu ini memiliki fungsi beragam, selain buahnya yang dapat dijadikan sebagai bahan konsumsi, akarnya ternyata juga dapat dijadikan obat tradisional, selain itu, batang dari pohon aren ini sendiri berfungsi sebagai bahann bangunan dan peralatan lain, sedangkan daunnya dapat berguna untuk membungkus makanan.

Buah atap atau kolang-kaling yang dipanen dari pohon aren dalam kondisi tidak terlalu tua, namun juga tidak terlalu muda ini pada faktanya memiliki beberapa kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Adapun kandungan gizi baik yang dimaksud antara lain mineral, serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, serta zat besi. Sedangkan dilihat dari segi manfaatnya, kolang-kaling atau buah atap ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan manusia, diantaranya:

1. Buah atap dapat menyegarkan tubuh saat berpuasa

loading...

Karena kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium yang dikandung cukup tinggi, maka buah ini akan menjaga kebutuhan tubuh akan mineral tetap terpenuhi sehingga tubuh tidak akan mudah lelah.

2. Buah atap dapat mengenyangkan perut

Berkat kandungan karbohidrat di dalamnya, buah atap dapat menjaga rasa kenyang yang dirasakan seseorang. Jadi, buah yang biasa difermentasikan sebelum dikonsumsi ini bisa menjadi santapan yang cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

3. Buah atap dapat memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang ada di dalam buah atap ternyata juga turut menyumbangkan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, hal itu terbukti dengan kemampuan kolang-kaling membuat pencernaan seseorang menjadi lancar sehingga akan dijauhi oleh berbagai penyakit perut atau pencernaan.

4. Buah atap bisa digunakan sebagai bahan makanan

Manfaat kolang-kaling yang dijadikan bahan makanan memang sudah bukan hal yang luar biasa lagi karena sejak dulu buah yang satu ini sudah dijadikan bahan dasar dalam pembuatan makanan seperti manisan, kolak dan roti serta minuman seperti ronde, minuman kaleng, bajigur, dan juga es campur.

Loading...

Hasil pencarian:

bolehkah penderita maag mkn kolangkaling, sebutkan ciri ciri buah kolang kaling yang baik, buah aren menjadi kolang kaling, cara mebuat kolang kaling, cara membuat kolang kaling dari buah aren, kalangkaleng, manfaat kolang kaling untuk maag
Manfaat Buah Atap atau Buah Kolang-kaling | inicarak | 4.5