Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Kersen atau talok (Wiki) merupakan buah dari sejenis tanaman perdu atau pohon kecil dengan ukuran buah yang kecil dan manis rasanya.
Pohon kersen banyak tumbuh di pinggir jalan dan digunakan sebagai pohon peneduh dengan buah yang kecil-kecil dan berwarna merah kalau sudah masak. Buah yang mempunyai nama latin (Muntingia calabura) ini di beberapa daerah Indonesia seperti Jakarta disebut dengan nama buah ceri, dan anak-anak daerah Lumajang menyebutnya dengan buah baleci.

Meski buah kersen mempunyai ukuran yang kecil dan pohonnya biasa tumbuh liar di pinggir jalan, namun buah ini mempunyai kandungan senyawa yang penting untuk kesehatan. Jus buah keres dapat digunakan oleh Atlet untuk mencegah cedera otot.

Ada banyak kandungan zat yang ada pada buah kersen (ceri jawa), yaitu air (77,8 gram), Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Selain buah kersen, daun dari pohon kersen juga ada manfaatnya lho..

1. Antiseptik
Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik.

Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil.

Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2. Antiinflamasi
Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3. Antitumor
Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. Anti Uric Acid (Asam Urat)
Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

5. Antidiabetes
50 – 100 gr daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 gr diseduh dalam 200 ml air.

Loading...
Lihat Juga Cara yang Lainnya

3 Manfaat Mengupil untuk Kesehatan - Upil (kotoran hidung)adalah sisa buangan hasil respirasi. Yang namanya kotoran, pastilah harus dibersihkan, dan dalam kasus ini caranya adalah dengan mengupil.Banyaknya kotoran hidung yang diproduksi bisa menjadi indikator akan kebersihan udara...

5 Cara Untuk Menyehatkan Jantung Anda - Mempunyai jantung yang sehat adalah salah satu pertanda bahwa anda akan panjang umur. Pada makhluk hidup, jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Jantung dapat diibaratkan...

Tips Cara Mencegah Kanker Usus Besar - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko terkena kanker usus. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan diri menjalani gaya hidup yang sehat. Dr. Dean Koh, Ahli Bedah dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapore...

Manfaat dari Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh - Buah mangga merupakan salah satu jenis buah favorit yang banyak disukai. Rasanya yang manis membuat banyak orang suka mengonsumsi buah ini setidap harinya. Karena selain rasa buah mangga yang manis, di dalamnya juga terkandung banyak nutrisi yang...

Tanpa Obat Kimia, Ini Cara Menyembuhkan Sakit Gigi yang Bisa Dicoba - Sakit gigi merupakan masalah besar bagi kebanyakan orang. Karena saat sakit ini muncul, tidak hanya bagian gigi saja yang merasakan sakit saja, namun juga hampir seluruh anggota badan juga merasakan deritanya.Saat anda mengalami sakit, jangan...

Cara Menghilangkan Rasa Mual yang Mengganggu - Mual merupakan kondisi tidak nyaman di bagian perut hingga membuat kita ingin muntah. Rasa mual di perut yang mengganggu bisa mengacaukan hari anda.Ada banyak penyebab rasa mual yang muncul. Mual dan muntah sendiri bukanlah merupakan sebuah...

Loading...