About these ads

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Kersen atau talok (Wiki) merupakan buah dari sejenis tanaman perdu atau pohon kecil dengan ukuran buah yang kecil dan manis rasanya.
Pohon kersen banyak tumbuh di pinggir jalan dan digunakan sebagai pohon peneduh dengan buah yang kecil-kecil dan berwarna merah kalau sudah masak. Buah yang mempunyai nama latin (Muntingia calabura) ini di beberapa daerah Indonesia seperti Jakarta disebut dengan nama buah ceri, dan anak-anak daerah Lumajang menyebutnya dengan buah baleci.

Meski buah kersen mempunyai ukuran yang kecil dan pohonnya biasa tumbuh liar di pinggir jalan, namun buah ini mempunyai kandungan senyawa yang penting untuk kesehatan. Jus buah keres dapat digunakan oleh Atlet untuk mencegah cedera otot.

Ada banyak kandungan zat yang ada pada buah kersen (ceri jawa), yaitu air (77,8 gram), Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Selain buah kersen, daun dari pohon kersen juga ada manfaatnya lho..

Baca juga: , .

1. Antiseptik
Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik.

Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil.

Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2. Antiinflamasi
Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3. Antitumor
Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. Anti Uric Acid (Asam Urat)
Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

5. Antidiabetes
50 – 100 gr daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 gr diseduh dalam 200 ml air.

Lihat Juga Cara yang Lainnya
loading...
About these ads

Inilah Manfaat Punya Jenggot yang Harus Anda Ketahui! - Banyak pria yang lebih memilih untuk menghilangkan jenggot karena alasan kebersihan. Namun, tahukah anda bahwa menumbuhkan rambut jenggot ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan pria? Sebagaimana yang dikutip dair laman Healthmeup, berikut...

Tips Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat - Sariawan atau stomatitis aftosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi. Ada...

Cara Menghilangkan Kutu Rambut - Kutu rambut merupakan parasit yang menghisap darah. Kutu rambut membuat kepala jadi gatal. Rasa gatal muncul karena kutu sedang makan, menghisap darah di kepala kita. Berikut ini adalah cara menghilangkan atau mengusir kutu rambut dari kepala...

Manfaat Sehat Minum Satu Sendok Madu Setiap Hari - Madu merupakan cairan terbaik yang diberikan oleh alam. Zat antioksidan yang merupakan salah satu kandungan di dalam madu ini memberikan manfaat baik dimana ini dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh serta kekuatan tubuh untuk melawan...

Tips Aman Cara Buka Puasa untuk Penderita Sakit Diabetes - Menjaga pola makan sangat penting dilakukan oleh penderita diabetes agar penyakitnya tidak kambuh, terutama adalah mereka yang menjalankan ibadah puasa. Asupan makanan untuk buka puasa menjadi penting untuk diperhatikan oleh kaum diabetesi agar gula...

5 Pilihan Terbaik Buah untuk Buka Puasa - Buka puasa menjadi salah satu momen menggembirakan bagi mereka yang berpuasa. Karena waktu buka puasa berarti anda bisa kembali mulai makan dan minum seperti pada hari biasanya. Namun saat buka puasa pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat...