Loading...

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Kesemek tergolong buah langka. Selain tidak familiar, buah lusuh ini tidak banyak disukai karena rasa yang aneh. Namun dibalik warna kulit yang kusam ternyata terdapat khasiat sebagai penyembuh batuk dan asma.

Kesemek diketahui memiliki kandungan tanin cukup tinggi. Itu sebabnya, buah dengan nama ilmiah Diospyros kaki memiliki rasa sepat dan terasa menebal di lidah ketika dikunyah. Kandungan tanin sebenarnya akan berkurang ketika buah berada pada kondisi matang yang pas.

Zat tanin dalam buah atau sayur memiliki fungsi antiseptik dan membantu mengurangi luka atau peradangan. Jadi buah dengan kandungan tanin tinggi termasuk kesemek ada yang bisa digunakan sebagai obat batuk.

loading...

Selain tanin yang cukup tinggi, kandungan pada buah kesemek yaitu senyawa antioksidan, karbohidrat, ruktosa, glukosa, protein, dan vitamin A. Sedangkan kandungan mineralnya berupa kalium, kalsium, fosfor, retinol, asam askorbat, dan polifenol.

Berikut ini beberapa manfaat kesemek untuk kesehatan:

1. Obat batuk berdahak dan asma
Ambil dua potong buah kesemek, iris tipis dan keringkan. Kukus sampai matang. Bisa langsung dimakan atau dihaluskan dengan tambahan sedikit madu murni.

2. Obat diare dan disentri
Siapkan beberapa potongan buah kesemek yang sudah dikeringkan. Rebus sampai jadi bubur. Campur dengan beras ketan dan irisan jeruk dua potong. Campur sampai rata, angkat dan konsumsi tiga kali sehari.

3. Obat sakit perut
Makan buah kesemek segar. Kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Kandungan akan membantu membuat rasa nyaman di perut.

Loading...
Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan | inicarak | 4.5