Loading...

Manfaat Buah Mengkudu (Pace atau Noni) untuk Kesehatan

Buah mengkudu (jawa: pace) atau yang biasa dikenal dengan sebutan buah noni ini mempunyai bau dan rasa yang tidak enak. Namun demikian, buah mengkudu terkenal sebagai salah satu obat tradisional yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Hampir dari semua bagian tanaman mengkudu bisa digunakan sebagai obat, mulai dari buah, daun, batang hingga akar dari tanaman mengkudu punya khasiat tersendiri. Mengkudu tinggi akan antioksidan dan enzim. Buah ini juga dipercaya sebagai buah pembangkit energi.

Selain sebagai antioksidan, mengkudu juga kaya akan senyawa selenium, xeronine, glikosida, scopoletin, terpine, limonene, dan antrakuinon.

loading...

Semua nutrisi berguna dalam membantu sistem kekebalan tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkudu dapat meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel darah putih melalui polisakarida. Polisakarida adalah senyawa yang diyakini meningkatkan daya kekuatan sel darah putih, demikian yang dilansir Livestrong.

Mengkudu telah terbukti meningkatkan mood dengan merangsang produksi serotonin, sebuah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal. Kelenjar pineal ini dapat memengaruhi organ yang berbeda termasuk organ seks wanita dan pria.

Selain itu, ekstrak mengkudu mengandung komponen alami, yang mengaktifkan reseptor serotonin di otak dan seluruh tubuh.

Loading...
Manfaat Buah Mengkudu (Pace atau Noni) untuk Kesehatan | inicarak | 4.5