Loading...

Manfaat Buah Nanas untuk menjaga Kesehatan Tubuh

Buah nanas, salah satu jenis buah yang dianggap sebagai makanan pantangan ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, terlebih bila dikonsumsi saat masih muda. Karena itu oleh orang tua, wanita yang sedang hamil sangat dilarang dan tidak diperbolehkan mengonsumsi buah nanas.

Namun dibalik bahaya konsumsi buah nanas bagi ibu yang sedang hamil, ternyata ada segudang manfaat yang bisa didapatkan dari buah nanas. Salah satunya adalah buah nanas bisa digunakan sebagai obat batuk.

Ragam Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Selain sebagai obat batuk, masih ada banyak lagi manfaat dari buah nanas. Berikut diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Mengandung enzim

Buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat memerangi infeksi bakteri dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, buah nanas juga bersifat antibakteri dan anti-inflamasi yang akan dengan cepat menyembuhkan batuk.

2. Tidak mengandung zat kimia

Sebagian besar sirup yang dijual di pasaran mengandung banyak zat kimia berbahaya. Tapi jus nanas mengandung bahan alami yang cepat menyembuhkan batuk kurang dari satu minggu.

3. Bersifat anti-inflamasi

Banyak sumber mengklaim jus nanas bersifat anti-inflamasi yang lebih efisein menyembuhkan batuk, dibandingkan sirup obat batuk biasa.

4. Kaya akan kandungan vitamin C

Tidak hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun buah nanas juga dapat memberikan energi dan membangun metabolisme tubuh setiap hari. Buah ini mengandung vitamin C alami yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

5. Obat sakit tenggorokan yang alami

Hadirnya lendir dalam sistem pernapasan dapat menyebabkan batuk, bersin dan membuat anda sulit bernapas. Namun hanya dengan minum jus nanas masalah itu akan hilang segera. Bahkan, selain menyembuhkan batuk, ternyata nanas juga adalah obat alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

6. Baik untuk kesehatan tulang

Buah nanas memiliki kandungan zat mangan alami yang mudah menyerap kalsium, sehingga mencegah masalah arthritis. Karena itu, sering-seringlah minum jus nanas untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang.

7. Melegakan napas

Nanas dapat menyembuhkan masalah pernapasan dengan baik. Buah nanas kaya akan kandungan vitamin C, sehingga dengan meminum setengah gelas jus nanas sehari maka akan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari buah nanas. Namun sebagaimana yang sudah kami katakan sebelumnya, untuk ibu hamil yang ingin makan buah nanas, maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau tim kesehatan untuk mengetahui boleh tidaknya anda makan buah nanas selama masa kehamilan.

loading...
Loading...
Manfaat Buah Nanas untuk menjaga Kesehatan Tubuh | inicarak | 4.5