Loading...

6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Saat panas terik matahari di siang hari, paling enak adalah menikmati segelas jus buah sirsak, mak nyus pokoknya.

Buah ini memiliki ciri khas yaitu kulitnya berwarna hijau berduri besar, namun jangan khawatir karena durinya tidak setajam duri kulit buah durian dan juga memiliki biji seperti biji sawo namun lebih besar. Buah sirsak sering juga disebut dengan sersat atau nangka belanda.

Dibalik rasa dan kesegarannya, ternyata buah sirsak memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita karena banyak mengandung vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Diantara beberapa manfaat buah sirsak adalah:

loading...

Penjinak Kanker

Berdasarkan penelitian manfaat buah sirsak untuk kesehatan mengandung senyawa asetogenin. Ini adalah senyawa yang spesifik terkandung dalam tanaman suku Annonaceae, yang khasiatnya erat berkaitan dengan aktivitas anti tumor, anti bakteri dan insektisida. Dalam penelitian lain asetogenin yang terkandung di dalam sirsak juga bisa dipakai untuk menghantam sel kanker usus, pankreas, ovarium, usus besar, payudara, liver, serviks.

Sumber Serat Alami

Buah sirsak mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/100 g daging buah.Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari sehingga dapat memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Obat Diabetes

Pemakaian ekstrak daun dapat memperbaiki fungsi kelenjar sebagai penghasil insulin yang diperlukan penderita diabetes.

Mencegah Hipertensi

Klebihan lain manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/l00 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Membuat Awet Muda

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

Mencegah Osteoporosis

Mineral yang terkandung cukup dominan dalam buah sirsak adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Loading...
6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan | inicarak | 4.5