Loading...

Manfaat Burung Gereja untuk Lingkungan dan Manusia

Burung gereja menjadi salah satu hewan pengganggu yang umum ditemui di daerah perkotaan. Namun kini keberadaan burung gereja tidak hanya bisa ditemua di kota saja, bahkan sekarang di desa-desa pun burung gereja bisa dengan mudah ditemui.

Dengan begitu banyaknya burung gereja yang ada di sekitaran rumah, maka saat ini burung gereja sudah dianggap cukup mengganggu dan seringkali dianggap sebagai hama.

Manfaat Burung Gereja Bagi Lingkungan dan Manusia

Meski sering dianggap sebagai hama dan sebagian orang menganggapnya sebagai hewan pengganggu, ternyata burung gereja juga mempunyai manfaat bagi kesehidupan manusia.

loading...

Bagi penggemar burung, burung gereja banyak dicari. Biasanya burung gereja yang dicari adalah terutama yang sudah rajin berbunyi. Dikutip dari Majalah Kicau, bahwa burung gereja banyak dicari biasanya untuk dijadikan sebagai burung masteran bagi burung peliharaan lain yang memiliki kemampuan mimikri atau meniru suara burung lainnya.

Pada umumnya burung gereja memiliki ciri-ciri khusus yang mudah dikenali. Adapun ciri-ciri burung gereja umumnya berbentuk kecil, berwarna coklat-kelabu, gemuk, berekor pendek, dan memliki paruh yang kuat. Makanan burung gereja yang utama adalah biji dan serangga kecil.

Sebuah penelitian dilakukan untuk meneliti tentang berapa banyak konsentrasi logam dalam perut burung gereja. Hasilnya dituangkan dalam jurnal karya Swaileh KM dan Sansur R dari Dept. of Biology and Biochemistry, Birzeit University. Dalam penelitian yang dilakukan dengan melihat dari kotoran dan cangkang telur burung gereja, ditemukan bahwa pada burung gereja yang hidup di pemukiman padat maka konsentrasi Cu, Pb, dan Zn lebih tinggi dibanding yang hidup di area bebas polusi. Hasil dari penelitian ini memberikan beberapa bukti untuk potensi burung gereja sebagai biomonitor untuk pencemaran logam berat di perkotaan.

Jadi meskipun anda merasa terganggu dengan keberadaan dari burung gereja di sekitar rumah, seharusnya anda tetap bersyukur bahwa ternyata lingkungan yang anda tempati masih layak karena tingkat polusi yang masih rendah dan bisa ditolerir.

Cara Mengusir Burung Gereja dari Sekitar Rumah

Burung gereja menyukai sela-sela yang ada di atap rumah sebagai tempat untuk membuat sarang. Karena itu, agar burung gereja tidak berkembang biak dan terus bermain di sekitar rumah, pastikan kondisi atap bebas dari lubang atau sela-sela yang mungkin bisa digunakan sebagai tempat bersarang.

Saat anda mendapati adanya plafon yang berlubang, segeralah untuk menutupnya dengan segera. Jangan biarkan digunakan sebagai tempat bersarang burung. Selain itu, dengan menutup atau memperbaiki plaon rumah yang rusak juga akan menjadikan rumah terlihat lebih rapi.

Loading...

Hasil pencarian:

manfaat burung gereja, kasiat daging burung gereja, khasiat burung gereja, Apa kegunaan burung gereja, khasiat daging burung gereja
Manfaat Burung Gereja untuk Lingkungan dan Manusia | admin | 4.5