Loading...

Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Daun mint adalah tanaman terbaik yang bisa dikonsumsi dan kombinasikan untuk mendapat manfaat kesehatan. Daun mint dapat mengurangi risiko kanker prostat dan kanker hati karena adanya kandungan dalam daun mint yaitu senyawa peryllyl, karotenoid dan retinoid. Demikian menurut temuan dari hasil studi yang dilakukan pada 2012 sebagaimana dimuat laman Prevention.

Daun mint memiliki rasa alami yang bias membuat minuman menjadi terasa dingin. Karena itu daun mint menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang populer digunakan sebagai bahan pembuat minuman menyegarkan.

Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Dalam sehari-hari, mint dapat meringankan masalah pencernaan, menenangkan kram dan gas dalam perut terutama pada orang dengan sindrom iritasi usus besar. Selain manfaat tersebut, daun mint ternyata mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Mengurangi panas tubuh

Mengurangi panas tubuh adalah salah satu manfaat utama dari air daun mint untuk kesehatan. Air daun mint mampu memberikan efek pendinginan pada tubuh serta meminimalisir efek sinar matahari yang terik di dalam tubuh.

2. Mengatasi alergi

Daun mint mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam rosmarinic. Asam ini efektif dalam mengurangi gejala alergi musiman.

3. Menyehatkan pencernaan

Air daun mint sarat akan antioksidan dan fitonutrien yang mampu menyehatkan sistem pencernaan Anda.

4. Mengobati batuk

Pada daun mengandung menthol. Menthol adalah dekongestan alami yang membantu untuk memecah dahak dan lendir. Dengan demikian mengonsumsi mint secara rutin dapat membersihkan rongga hidung.

5. Menghidrasi tubuh

Karena udara panas mampu merampas cairan tubuh Anda maka meminum air daun mint adalah cara yang efektif untuk mendinginkan dan menghidrasi tubuh Anda.

6. Menyehatkan gigi dan mulut

Daun mint kaya akan sifat anti bakteri dan anti inflamasi di dalamnya. Kedua zat ini baik untuk menyegarkan mulut dan mencegah kerusakan gigi.

7. Mengurangi mual pada ibu hamil

Mengonsumsi segelas air daun mint baik untuk ibu hamil. Sebab rasa dan aroma menthol di dalamnya baik untuk meredakan mual.

8. Melawan stres

Aroma segar dan kandungan zat antioksidan yang kuat di dalam daun mint mampu membantu tubuh Anda dalam melawan stres dan membuat tubuh serta pikiran Anda menjadi jauh lebih rileks.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun hijau ini kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C, D, E, B kompleks, kalsium, dan fosfor. Semua vitamin dan mineral ini baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Itulah sedikit informasi mengenai Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh yang dapat kami berikan.

loading...
Loading...
Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh | inicarak | 4.5