Loading...

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Si Pendonor

Tidak hanya bermanfaat untuk orang yang menerima, donor darah juga sangat bermanfaat untuk si pendonor. Setidaknya, ada tiga manfaat donor darah untuk si pendonor darah.

Secara rutin mendonorkan darah bermanfaat menstabilkan kadar zat besi dalam darah, sehingga menekan risiko terkena kanker serta kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the National cancer Institute.

Mendonorkan darah juga bisa membakar sejumlah besar kalori. Setelah menyumbangkan darah, tubuh akan menggantikan darah sejumlah volume yang hilang dalam waktu 48 jam, dan menggantikan sel darah merah dalam waktu empat sampai delapan minggu.

loading...

The University of California di San Diego memperkirakan bahwa untuk setiap satu liter darah yang disumbangkan, 650 kalori terbakar saat tubuh menggantikan (memproduksi) darah baru.

Zat besi mempengaruhi seberapa tebal dan lengket tekstur darah. Kadar besi yang tinggi menyebabkan darah menjadi lebih kental.

Kadar zat besi yang tinggi juga mempercepat proses oksidasi kolesterol. Hal ini bisa mempengaruhi konsistensi darah dan menciptakan risiko gesekan aliran darah melalui pembuluh. Karenanya, semakin tinggi kadar zat besi, semakin tinggi risiko keausan pada lapisan pembuluh arteri, hingga bisa berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular.

Mendonorkan darah secara konsisten bermanfaat mengencerkan darah, selain meregenerasi sel-sel darah.

Studi terhadap 2.682 orang di Finlandia, Inggris menyebut, pria dan wanita (usia 43 – 61 tahun) yang rutin mendonorkan darah setiap enam bulan sekali, berisiko 88 persen lebih kecil terkena serangan jantung dan stroke.

Demikian dilansir dailymail health, mengutip Journal of American Medical Association.

Loading...

Hasil pencarian:

boleh kah penderita asma do
Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Si Pendonor | inicarak | 4.5