Loading...

Manfaat Kembang Kates atau Bunga Pepaya

Kembang kates adalah istilah yang digunakan dalam bahasa Jawa atau sebutan nama untuk bunga pepaya dalam bahasa Indonesia. Sama seperti daun pepaya, kembang kates ini juga memiliki cita rasa pahit. Namun rasa pahitnya tidak sepahit sayur pare.

Dibalik rasa pahit dari kembang kates, ada segudang manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi bunga pepaya ini. Apa sajakah itu?

Manfaat Kembang Kates atau Bunga Pepaya

Sejumlah manfaat bisa diperoleh terkait kesehatan tubuh bila kita mau mengonsumsi bunga pepaya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kaya antioksidan

Beragam antioksidan dalam bunga pepaya berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas bisa menimbulkan masalah kanker, penuaan, hingga masalah pada pembuluh darah.

2. Menyembuhkan sakit maag

Ada kandungan antioksidan yang tinggi di dalam bunga pepaya. Dimana salah satu manfaat dari antioksidan ini adalah dapat mengurang peradangan pada lambung. Tidak hanya itu saja, lipid pemicu kolesterol juga bisa dicegah.

3. Mencegah kanker

Makan bunga pepaya dapat menurunkan tingkat peradangan tubuh. Peradangan ini seringkali menjadi awal dari munculnya sel tumor yang kemudian mengganas sebagai kanker.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan dalam bunga pepaya yaitu enzim papain berguna untuk membantu kerja pencernaan agar lebih baik dan mencegah sembelit.

5. Menambah nafsu makan

Meski bunga pepaya memiliki cita rasa yang pahit, hal ini bukan menjadi halangan untuk tidak mengonsumsi bunga pepaya. Karena dibalik rasanya yang pahit tersebut bunga pepaya mujarab untuk merangsang nafsu makan. Untuk itu anda bisa menjadikan bunga pepaya sebagai sayuran saat bersantap nasi untuk mengurangi rasa pahit.

Berbagai cara untuk mendapatkan khasiat dari dari bunga pepaya bisa dilakukan. Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk menikmati bunga pepaya biasanya adalah dengan cara dimasak menjadi sayur. Bunga pepaya ini jarang bila dimasak sendirian. Biasanya bunga pepaya diolah dengan cara dimasak oseng bersama dengan sayur daun singkong dan ikan teri.

loading...
Loading...
Manfaat Kembang Kates atau Bunga Pepaya | inicarak | 4.5