Loading...

Selain Bumbu, Ini Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ketumbar merupakan salah satu tanaman rempah yang cukup populer dengan aromanya yang begitu khas. Selain bumbu untuk masakan, manfaat ketumbar juga dapat digunakan dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Bentuknya sekilas mirip dengan lada atau merica. Karenanya seringkali terjadi kesalahan dalam penyebutannya. Padahal perbedaan merica dan ketumbar dapat diketahui dengan memperhatikan secara teliti dari bentuk dan rasanya. Permukaan luar merica lebih halus, sementara ketumbar lebih kasar dengan garis-garis tipis mengitarinya. Untuk rasanya, ketumbar cenderung hambar dan sedikit pahit sementara merica sedikit pedas rasanya.

Gambar Daun KetumbarKetumbar yang memiliki nama ilmiah Coriandrum sativum dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal untuk tubuh. Beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan diantaranya adalah berguna dalam melancarkan pencernaan, melancarkan ASI (lactago), melancarkan kentut (carminative), dan juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan (stomachica).

Untuk Wanita

Keputihan merupakan masalah kewanitaan yang sering dihadapi oleh kaum hawa. Untuk mengatasinya, gunakan air rendaman ketumbar. Manfaat air rebusan biji ketumbar cukup baik dalam membantu menyelesaikan masalah keputihan yang dialami. Caranya bisa dilakukan dengan biji ketumbar direndam selama satu malam. Selanjutnya disaring dan airnya diminum ketika perut masih dalam kosong (belum makan atau minum) di pagi hari. Metode ini bisa terus diulangi selama seminggu agar mendapatkan manfaat air ketumbar yang maksimal untuk menyembuhkan keputihan.

Untuk Kolesterol

Di dalam ketumbar terkandung asam yang terdiri dari banyak jenis yang semua itu bekerja efektif dalam menolong memecah lemak juga kolesterol yang mengendap dalam tubuh sehingga akan menjadikan kolesterol lebih gampang terlarut dalam proses pembuangan.

Hasil temuan yang dipublish dalam sebuah Journal of Environmental Biology dengan judul The cholesterol lowering property of coriander seeds (Coriandrum sativum): Mechanism of action pada tahun 2006” menyebutkan bahwa ketumbar memiliki kemampuan untuk membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Untuk Darah Tinggi

Biji ketumbar tidak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat, namun juga berguna untuk memperbaiki tekanan darah. Khasiat ketumbar untuk mengatasi hipertensi ini dapat ditemukan dalam Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2009 dengan judul Coriander fruit exhibits gut modulatory, blood pressure lowering and diuretic activities.

Manfaat ketumbar dalam mengatasi tekanan darah tinggi karena adanya sejumlah kandungan fitokimia yang bekerja mengendalikan tekanan darah. Asam klorogenik, sejumlah kandungan lemonede juga beberapa jenis asam dan anti oksidan membantu mengatasi endapan kolesterol dalam darah, memperbaiki sirkulasi darah, membesarkan ukuran pembuluh darah yang akan penting untuk menetralkan tekanan darah.

Untuk Wajah

Didalam ketumbar terkandung nutrisi seperti vitamin A, asam folat, beta karoten dan juga vitamin C yang merupakan antioksidan kuat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh serta kulit, termasuk untuk mengobati jerawat.

Perawatan wajah dengan ketumbar bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi masker. Caranya dengan menghaluskan ketumbar lalu dicampur dengan madu serta kunyit secukupnya. Setelah diaduk hingga tercampur merata kemudian bisa digunakan dengan cara dioleskan pada semua bagian wajah lalu biarkan dulu sampai kering. Lebih kurangnya sekitar 1 jam. Baru kemudian boleh dibilas menggunakan air dingin.

Untuk Kecantikan

Selain bisa mengobati masalah jerawat dan komedo, ketumbar juga berguna untuk mencegah masalah penuaan kulit serta menangkal radikal bebas. Penggunaan masker wajah memakai ketumbar ini baik digunakan sebelum tidur.

Bila Anda mempunyai masalah dengan jerawat dan komedo, haluskan biji ketumbar dan kunyit selanjutnya oleskan pada wajah yang terdapat jerawat. Sebaiknya digunakan sebelum tidur.

Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi sebagai bumbu masakan tidak ada masalah karena tidak akan menimbulkan efek samping ketumbar untuk kesehatan ibu hamil atau menyusui. Namun tetap saja penggunaannya harus dalam batas takaran yang wajar.

Untuk Masakan

Ketumbar sering digunakan sebagai bumbu yang akan memberikan aroma lebih lezat dalam masakan yang dibuat. Selain itu penambahan ketumbar dalam olahan makanan juga dapat berguna sebagai pembunuh bakteri dan mencegah keracunan makanan.

Selain bijinya, yang biasanya dimanfaatkan juga adalah daun yang bentuknya mirip seledri. Manfaat daun ketumbar untuk masakan biasanya diolah dengan cara diiris tipis untuk kemudian dijadikan taburan dalam masakan seperti sup misalnya.

loading...
Loading...
Selain Bumbu, Ini Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh Kita | admin | 4.5