Loading...

Manfaat, Khasiat dan Kandungan Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh

Buah cermai adalah buah yang memiliki rasa manis dan lezat. Seseorang juga tidak memerlukan usaha keras untuk menemukan buah ini karena buah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan ini gampang ditemui. Biasanya, banyak orang yang menanam pohon cermai di teras atau halaman rumah mereka sebagai pohon peneduh. Selain itu, buah cermai gampang sekali ditemui karena tanaman ini tidak bermusim, jadi kita bisa menemukannya kapan saja tanpa harus menunggu musimnya tiba. Jika buah cermai yang matang memiliki rasa yang manis, maka lain halnya dengan cermai yang masih muda. Rasanya masam dan seringkali dimanfaatkan sebagai bahan campuran rujak.

Fakta menunjukkan bahwa disamping kelezatan buah cermai tersebut, tersimpan beberapa manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan manusia. Manfaat tersebut timbul dikarenakan buah cermai mengandung beberapa nutrisi baik untuk tubuh. Kandungan buah cermai secara lengkap adalah sebagai berikut:

Dalam 100 gram buah cermai, anda akan menemukan energi sebesar 28 Kkal, air sebanyak 91,7 gram, protein sebesar 0,7 gram, karbohidrat sebanyak 6,4 gram, serat sebesar 0,6 gram, 5 mg kalsium, fosfor sebesar 23 mg, zat besi sebesar 0,4 mg, thiamin sebesar 0,01 mg, 0,05 mg riboflavin, serta vitamin C sebesar 8 mg.

loading...

Dari sekian banyak kandungan bermanfaat buah cermai itu, maka tak ayal buah ini juga bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, seperti:

1. Obat penawar racun dan perawat kulit
Banyak yang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi daun pucuk cermai dapat merawat kulit secara alami, mengobati gigitan serangga, obat darah tinggi, serta penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan daun cermain mengandung air, saponin, karbohidrat, flavonoida, polifenol, tanin, lemak, protein, dan juga serat.

2. Obat untuk menyembuhkan penyakit asma dan kulit
Untuk menyembuhkan asma, bagian tanaman cermai yang digunakan adalah kulit akarnya. Selain asma, kulit akar ini dapat menyembuhkan sakit kulit.

3. Obat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengatasi sembelit
Tidak hanya buah, akar, dan daunnya saja yang bisa mendatangkan manfaat, biji buah cermai pun dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat biji buah cermai tidak lain untuk mengobati segala gangguan sistem pencernaan dan mengatasi mual serta sembelit akibat perut kotor.

Demikian sedikit informasi mengenai manfaat dari buah cermai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Loading...
Manfaat, Khasiat dan Kandungan Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh | inicarak | 4.5