Loading...

Manfaat Kulit Apel Bisa untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah Anda kalau kulit buah apel ternyata bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Namun, banyak orang yang justru membuang bagian kulitnya sebelum memakan buah apel. Padahal pada bagian kulit buah apel ini terkandung zat quercetin yang berpotensi sebagai antioksidan penjaga energi tubuh.

Buah apel memiliki dua jenis antioksidan pada daging buah dan bagian kulitnya. Kulitnya memiliki aktivitas antioksidan dan bioaktivitas yang lebih tinggi dari pada buahnya.

loading...

Pada daging buah terkandung vitamin C dengan aktivitas antioksidan satu kali. Sementara quercetin pada kulit apel memiliki aktivitas antioksidan 4,7 kali. Antioksidan itu menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga menyokong kesehatan.

Antioksidan pada buah dengan nama latin Mulus Domesticaini ini berperan baik dalam meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol baik diketahui bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Sementara pada bagian daging buah memiliki kandungan karoten dan pektin. Karoten berperan sebagai sebagai vitamin A yang sekaligus menjadi antioksidan. Kandungan karoten bagus juga untuk penderita diabetes mellitus.

Sedangkan pektin merupakan serat yang bersifat larut dalam air. Serat tersebut mampu bekerja memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan.

Senyawa pektin sangat bersahabat dengan usus dan pencernaan. Pasalnya, pektin dapat menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses, juga mengikat dan menghilangkan racun dari usus.

Namun perlu diperhatikan, cucilah sampai bersih bagian kulit sebelum Anda mengonsumsi buah aple. Apalagi pada buah apel impor yang biasanya dilapisi lilin untuk menghambat proses pembusukan.

Adapun cara menghilangkan lapisan lilin tersebut bisa dilakukan dengan mencelupkan apel ke dalam air hangat. Cara tersebut untuk melepaskan lapisan lilin mencair dari permukaan kulit.

Loading...
Manfaat Kulit Apel Bisa untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | inicarak | 4.5